Sefti Dwi Andini, 105207069 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK IPA. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
![]() |
Text
SEFTI DWI ANDINI.pdf Download (444kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik IPA kelas V-B di MIN 5 Langsa dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kemampuan berfikir siswa kelas V-B di MIN 5 Langsa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V-B MIN 5 Langsa yang berjumlah 20 siswa untuk diberikan soal tes dan 10 orang siswa kelas V-B MIN 5 Langsa yang dianggap paling kurang respon dalam berfikir yang diberikan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kritis siswa pada pembelajaran tematik IPA kelas V-B di MIN 5 Langsa diperoleh nilai rata-rata 60,9 atau berada pada kategori tinggi. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berfikir kritis siswa adalah guru jarang memberikan soal cerita bergambar, guru hanya memberikan catatan dan guru jarang menjelaskan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Dr, Jelita, M.Pd Pembimbing II:Suhelayanti, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berfikir Kritis Siswa, Pembelajaran Tematik IPA |
Subjects: | Pendidikan > Analisis Pendidikan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 01:56 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 01:56 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4405 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |