Erika, 1052020071 (2024) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Metode Pembelajaran Berdiferensiasi Di Min 3 Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
![]() |
Text
DONE Skripsi sampai dafpus (1).pdf Download (1MB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan membaca siswa kelas III B di MIN 3 Langsa disebabkan oleh beberapa faktor, baik yang berasal dari diri siswa maupun dari luar diri siswa sehingga menjadikan pembelajaran tidak efektif dan efesien. Metode pembelajaran yang tepat sangat diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Metode pembelajaran berdiferensiasi merupakan metode yang dapat memenuhi kebutuhan siswa dan mengelola pembelajaran dengan memperhatikan karakteristik serta kemampuan siswa. Menerapkan metode pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas termasuk dalam kegiatan membaca. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya meningkatkan dan peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan metode pembelajaran berdiferensiasi pada siswa di MIN 3 Langsa. Metode dalam penelitian ini yaitu Praktik Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini berjumlah 21 orang siswa. Lokasi penelitian di MIN 3 Langsa. Pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dengan penerapan metode pembelajaran berdiferensiasi pada siswa meningkat dibuktikan dengan pelaksanaan siklus I aktivitas guru mencapai rata-rata 3,7. Kemudian di siklus kedua aktivitas guru mencapai rata-rata 3,9 dan aktivitas siswa dengan penerapan metode pembelajaran berdiferensiasi pada siswa meningkat. Hal ini dibuktikan dari hasil evaluasi siklus II, 18 dari 21 siswa yang mencapai KKM. Hal ini dapat disimpulan bahwa dari upaya meningkatkan dan peningkatan kemampuan permulaan dengan metode pembelajaran berdiferensiasi meningkat dari analisis pada siswa kelas III B di MIN 3 Langsa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Chery Julida Panjaitan, M.Pd Pembimbing II:Zahratul Idami, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Permulaan, Metode Pembelajaran Berdiferensiasi, PTK |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 09 Jul 2025 03:26 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 03:26 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4382 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |