Prof. Dr. H. Zaulkarnaini, MA, 196705111990021001 (2023) PIDATO PENGUKUHAN GURU BESAR "MEMBANGUN KESADARAN GLOBAL UNTUK KEDAMAIAN" MELALUI REKONSTRUKSI KAJIAN TAFSIR DAN STUDI ISLAM (Reflekasi atas Konflik Palestina-Israel). -, Kota Langsa Aceh.
![]() |
Text
PIDATO PENGUKUHAN GB_Zulkarnaini.pdf Download (608kB) |
Abstract
Teknologi dan ilmu pengetahuan kontemporer yang memperkenalkan berbagai kemudahan bagi manusia dalam beraktivitas, membuat mata manusia menjadi semakin terbuka terhadap berbagai misteri mengenai dirinya. Berbagai cabang ilmu pengetahuan dan hasil-hasil penelitian memberi tahu kita berbagai aspek dari kehidupan manusia dan mempersiapkan kita menghadapi berbagai tantangan yang mungkin tiba, meski kelihatan tidak akan pernah berakhir. Namun, setidak-tidaknya, manusia semakin sadar betapa tidak ada batasnya cakrawala, imajinasi dan ilmu pengetahuan; dan betapa kecil dirinya di tengah-tengah segala eksistensi. Kesadaran ini meniscayakan manusia melihat dirinya sebagai makhluk yang terbatas dan tidak pernah berhenti berproses untuk mencapai yang lebih baik. Kebenaran tidak lagi berhenti pada sebuah titik, tetapi bergerak dan dinamis. Kebenaran tidak dapat lagi dianggap absolut dan monopoli orang atau kelompok tertentu; kebenaran harus selalu diuji dalam konteks, tempat dan waktu yang berbeda. Jika kesadaran ini benar telah tumbuh dengan baik, maka manusia akan enggan menciptakan permusuhan dan amat malu bersikap arogan; manusia akan selalu berpikir tentang dirinya sebagai makhluk yang mungkin saja bersalah dan enggan membuat klaim-klaim kebenaran dengan cara-cara yang merendahkan orang lain. Dengan demikian, persaudaraan kemanusiaan menjadi sesuatu yang amat mungkin.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEMBANGUN KESADARAN GLOBAL KAJIAN TAFSIR DAN STUDI ISLAM |
Subjects: | Islam Umum |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 04:18 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 04:18 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4375 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |