Problematika Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V (Studi Kasus Di MIN 2 Deli Serdang Tahun Pelajaran 2024/2025

Muhammad Rafiuddinan Jandi Hummami, 1052020111 (2025) Problematika Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V (Studi Kasus Di MIN 2 Deli Serdang Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
MUHAMMAD RAFIUDDINAN JANDY HUMMAMI (1).pdf

Download (850kB)

Abstract

Problematika membutuhkan perubahan dan penyelesaian serta belum terpecahkan, sehingga memerlukan penelitian ilmiah. Problematika dipengaruhi oleh dua jenis faktor: internal, yang berasal dari dalam diri peserta didik, dan eksternal, yang berasal dari lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah, dan pendidik (guru). Kurikulum Merdeka, kurikulum yang menekankan beragam pendekatan dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat memahami konsep secara mendalam dan mengembangkan keterampilan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini Apa saja problematika yang dihadapi dalam pembelajaran berbasis kurikulum merdeka pada pelajaran akidah akhlak kelas V di MIN 2 Deli Serdang pada tahun pelajaran 2024/2025, Bagaimana solusi untuk mengatasi problematika dalam pembelajaran akidah akhlak berbasis kurikulum merdeka kelas V di MIN 2 Deli Serdang pada tahun pelajaran 2024/2025. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui problematika yang dihadapi dalam pembelajaran berbasis kurikulum merdeka pada pelajaran akidah akhlak kelas V di MIN 2 Deli Serdang pada tahun pelajaran 2024/2025. Untuk mengetahui solusi yang dapat diimplementasikan untuk mengatasi problematika dalam pembelajaran akidah akhlak berbasis kurikulum merdeka kelas V di MIN 2 Deli Serdang pada tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa menghadapi beberapa kendala, termasuk kesulitan dalam menyusun dan melaksanakan rencana pembelajaran yang sesuai, keterbatasan sumber daya, serta rendahnya motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi yang abstrak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Yusaini, M.Pd Pembimbing II: Nina Rahayu, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problematika, Kurikulum Merdeka, Akidah Akhlak
Subjects: Pendidikan > Kurikulum Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 30 Apr 2025 08:39
Last Modified: 30 Apr 2025 08:39
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4372

Actions (login required)

View Item View Item