Isra Salwa 'Afifah, 3032019040 (2024) Fenomena Menghafal Al-Qur'an Anak Usia Dini Menggunakan Metode Talqin Di TK Az-Zahra Gampong Geudubang Jawa (Stdudi Living Al-Qur'An). Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
![]() |
Text
ISRA SALWA ‘AFIFAH...pdf Download (2MB) |
Abstract
Saat ini menghafal Al-Qur’an menjadi sebuah fenomena yang marak di kalangan masyarakat, khususnya di kota Langsa. Tak sedikit lembaga-lembaga pendidikan yang berlomba-lomba menjadikan pelajaran menghafal Al-Qur’an sebagai program unggulan bahkan sudah mulai diterapkan pada tingkatan TK. Penelitian ini membahas fenomena menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini di TK Az-Zahra serta menelusuri makna apa saja yang muncul pada fenomena tersebut. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah lapangan dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analitis. Penelitian ini menggunakan pendekatan living qur’an dengan menerapkan teori sosiologi pengetahuan Karl Mannheim. Dari hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa: Pertama, kegiatan menghafal Al-Qur’an di TK Az-Zahra menggunakan metode talqin. Adapun tahapannya ialah mula-mula ummi guru akan memberi dorongan berupa motivasi agar semangat. Lalu ummi guru akan mencontohkan pelafalan Al-Qur’an dengan beberapa kali pengulangan. Kemudian anak akan menirukan bacaan tersebut secara bersamasama. Apabila terdapat kesalahan dalam pelafalan, ummi guru akan segera mengoreksinya. Kedua, implementasi fenomena menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini berdasarkan teori Karl Mannheim diklasifikasikan menjadi tiga makna. Berdasarkan makna objektif ialah adanya keinginan untuk menghafal Al-Qur’an sejak dini. Adapun makna ekspresif yang ditunjukkan oleh pengurus ialah merasa senang karena bisa menjadi wasilah dalam melahirkan generasi yang mampu menghafal Al-Qur’an; dari sisi guru ialah terdapat kepuasan tersendiri di dalam diri mereka karena anak-anak didiknya belajar menghafal Al-Qur’an dengan baik dan benar; dari sisi orang tua adalah mereka merasa beruntung dan tenang karena anak-anak mereka sejak dini sudah berinteraksi bersama Al-Qur’an; dan dari sisi murid adalah karena mereka ingin orang tuanya senang sehingga mereka bisa mendapatkan hal-hal yang menjadi kesenangan mereka seperti uang jajan, pujian, penghargaan, dsb. Sedangkan ditinjau dari makna dokumenter adalah menghafal Al-Qur’an di TK Az-Zahra sudah menjadi budaya positif bagi mereka
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Syafieh, M.Fil.I Pembimbing II: Wali Ramadhani, M.A |
Uncontrolled Keywords: | Menghafal Al-Qur’an, Anak Usia Dini, Metode Talqin |
Subjects: | Hukum Islam > Alquran dan Hadis > Ilmu-ilmu Alquran |
Divisions: | Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Ilmu Al-Qur'an & Tafsir |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 02:20 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 02:20 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4366 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |