Eksistensi Guru Dalam Mengembangkan Soft Skill Siswa Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Terpadu Langsa

Adelia Sasmita, 5032022043 (2024) Eksistensi Guru Dalam Mengembangkan Soft Skill Siswa Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Terpadu Langsa. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
adelia sasmita (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan siswa yang kurang dalam komunikasi, kerjasama tim yang kurang kompak, dan memiliki kemampuan etika yang kurang baik saat proses pembelajaran aqidah akhlak berlangsung. Oleh karena itu, untuk menghadapi masalah terkait kemampuan soft skill siswa, dibutuhkan eksistensi guru dengan tujuan mengembangkan kemampuan soft skill siswa dalam pembelajaran aqidah akhlak secara maksimal agar mampu dicapai oleh siswa sesuai potensi mereka. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan eksistensi guru, metode pembelajaran, dan hambatan bagi guru dalam mengembangkan kemampuan soft skill siswa di MTs Terpadu Langsa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analitik. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan versi Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh temuan bahwa eksistensi guru dalam mengembangkan soft skill siswa pada pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Terpadu Langsa memiliki fungsi guru sebagai motivator, guru sebagai pengelolah kelas, guru sebagai pembimbing, dan guru sebagai evaluator. Terkait metode guru dalam mengembangkan soft skill siswa pada pembelajaran aqidah akhlak yang terdiri dari beberapa aspek yang pertama kemampuan komunikasi mengembangkan metode persentasi oral, metode pengajuan pertanyaan dan metode everyone is a teacher here. Aspek yang kedua Kemampuan kerjasama tim terdapat metode debat Active, metode problem solving, dan metode jigsaw. Aspek yang ketiga kemampuan etika terdapat adanya metode pembiasaan, dan keteladanan. Kemudian hambatan guru dalam mengembangkan kemampuan soft skill siswa yakni kurangnya perhatian dari orang tua, kurang percaya diri, tidak berinteraksi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zainuddin, M.A Pembimbing II: Dr. Amiruddin,M.A
Uncontrolled Keywords: Eksistensi Guru, Soft Skill, Pembelajaran Aqidah Akhlak
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode Pendidikan
Divisions: Pasca. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 28 Apr 2025 03:20
Last Modified: 28 Apr 2025 03:20
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4362

Actions (login required)

View Item View Item