Cut Salsabila, 1032020008 (2024) Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
![]() |
Text
CUT 2.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dengan mempertimbangkan gaya belajar reflektif dan impulsif. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Langsa dengan menggunakan soal HOTS pada materi program linear. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes MFFT dan Tes pada soal HOTS dengan materi program linear. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar reflektif cenderung lebih lambat namun akurat dalam menyelesaikan soal, sedangkan siswa dengan gaya belajar impulsif merespon lebih cepat namun sering melakukan kesalahan. Temuan ini menunjukkan pentingnya mempertimbangkan gaya belajar dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi para pendidik dalam memahami bagaimana gaya belajar mempengaruhi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika yang kompleks dan memberikan dasar bagi pengembangan metode pengajaran yang lebih adaptif dan inklusif. Kata Kunci Soal HOTS, Gaya Belajar Reflektif, Gaya Belajar Impulsif, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendidikan Matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Srimuliati, M.Pd Pembimbing II: M. Zaiyar, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Gaya Belajar Reflektif, Gaya Belajar Impulsif, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendidikan Matematika |
Subjects: | Matematika > Analisa Matematika |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 02:56 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 02:56 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4321 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |