Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Ade Indah Suryani, 1032019001 (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
Ade Indah Suryani (PMA) (1) (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika cenderung kurang baik. Hal tersebut dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang efektif sehingga keaktifan siswa dalam pembelajaran kurang berjalan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen kuantitatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Langsa yaitu kelas X Perkantoran 3 berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes dengan 7 item pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Hal tersebut berdasarkan hasil perhitungan pada uji hipotesis dengan menggunkan uji wilcoxon pada taraf signifikasi α = 0,05 diperoleh nilai signifikasi sebesar 0,047. Karena nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05 (0,047 < 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mazlan, S.Pd, M.Si Pembimbing II: Budi Irwansyah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Konsep Matematika, Pembelajaran Discovery Learning
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 14 Apr 2025 02:42
Last Modified: 14 Apr 2025 02:42
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4317

Actions (login required)

View Item View Item