Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Sosial Emosional pada Remaja di Desa Tebing Tinggi Kecamatan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang

Anggun Sari, 3022018072 (2023) Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Sosial Emosional pada Remaja di Desa Tebing Tinggi Kecamatan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang. Skripsi thesis, IAIN Langsa.

[img] Text
4_merged (1) (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Pola asuh orang tua memiliki pengaruh penting terhadap perkembangan sosial emosional anak. Perkembangan sosial emosional merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keberhasilan (kesuksesan) anak di masa yang akan datang, karena dengan perkembangan sosial emosional yang baik anak mampu untuk mengatasi berbagai masalah di dalam kehidupannya kelak. Remaja harus diajarkan untuk memiliki sikap kerjasama yang baik dengan teman sebaya atau cara mengontrol emosinya bila marah. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui gambaran pola asuh, perkembangan sosial emosional dan hubungan antara pola asuh otoriter, permisif dan demokratis terhadap perkembangan sosial emosional pada remaja di Desa Tebing Tinggi Aceh Tamiang. Penelitian adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasional dengan menggunakan tehnik analisis regresi linear berganda dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah remaja di Desa Tebing Tinggi Aceh Tamiang sebanyak 142 orang. Sedangkan sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan ciri-ciri: berusia 12-18 tahun, tinggal bersama kedua orangtua lengkap (ayah dan ibu), tidak berpisah (cerai), bersekolah pulang pergi, tidak mondok (pesantren)/kos, bukan yatim/piatu dan berdomisili di Desa Tebing Tinggi Kecamatan Tenggulun Kabupaten Aceh Tamiang yang berjumlah 47 orang remaja. Kemudian metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian meunjukan bahwa pola asuh demokratis (authoritative parenting) memiliki nilai thitung 5,441> ttabel 2,012 dan nilai taraf signifikansinya sebesar 0,034 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti pola asuh demokratis secara parsial memiliki hubungan terhadap perkembagan sosial emosional, dengan demikian hipotesis diterima. Pola asuh otoriter (authoritarian parenting) memiliki thitung 3,728 > ttabel 2,012 dan nilai taraf signifikansi 0,042 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahwa Ha diterima Ho ditolak yang berarti pola asuh otoriter secara parsial memiliki hubungan terhadap perkembagan sosial emosional, dengan demikian hipotesis diterima. Pola asuh permisif (permissive parenting) memiliki nilai thitung 2,009 > ttabel 2,012 dan nilai taraf signifikansi 0,065 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti pola asuh permisif secara parsial juga memiliki hubungan terhadap perkembagan sosial emosional, dengan demikian hipotesis diterima. Perkembangan sosial emosional pada remaja di Desa Tebing Tinggi Aceh Tamiang yaitu berada pada kategori tingkat sedang yaitu sebanyak 40 orang remaja (85,1%) yang memiliki tingkat perkembangan sosial emosional sedang, 5 orang remaja (10,6%) yang memiliki tingkat perkembangan sosial emosional tinggi dan sisanya 2 orang remaja 4,3% yang memiliki tingkat perkembangan sosial emosional rendah. Kemudian berdasarka hasil uji F Simultan menggunakan korelasi regresi linear berganda nilai taraf signifikansi pola asuh yaitu 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa variabel pola asuh secara simultan (bersama-sama) berpengaruh signifikan terhadap perkembangan sosial emosional remaja di Desa Tebing Tinggi Kabupaten Aceh Tamiang dengan demikian hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Muhammad Nasir, MA Pembimbing II:Marimbun, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Perkembangan Sosial Emosional, Remaja
Subjects: Umum > Interaksi Sosial
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 25 Mar 2025 07:22
Last Modified: 25 Mar 2025 07:22
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4315

Actions (login required)

View Item View Item