Penerapan Media Kotak Surat Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI DiSMP Negeri 13 Langsa

Chairunnisa Afdani, 1012020005 (2024) Penerapan Media Kotak Surat Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI DiSMP Negeri 13 Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
Chairunisa Afdani.pdf

Download (560kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti pada salah satu Guru Agama di Sekolah SMP Negeri 13 Langsa rendahnya minat belajar siswa dapat dilihat seperti pada saat jam pelajaran sedang berlangsung terutama pada pembelajaran PAI, siswa tersebut meminta izin dengan alasan ke kamar mandi, namun ternyata mereka sedang duduk di kantin untuk menghindari pelajaran, dan pada saat guru sedang menjelaskan siswa tidak mendengarkan, kurangnya ketersediaan alat bantu untuk proses pembelajaran seperti media pembelajaran yang digunakan, sehingga kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran berlangsung dan siswa cepat bosan, kurangnya fasilitas belajar di dalam kelas seperti tidak adanya arus listrik (Kotak Kontak), siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media kotak surat pada pelajaran PAI materi beriman kepada malaikat kelas VII.2 SMP Negeri 13 Langsa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 SMP Negeri 13 Langsa dengan jumlah siswa 24 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi adanya peningkatan minat yang terlihat pada pra-siklus perasaan senang memperoleh nilai 33%, ketertarikan pada peserta didik memperoleh nilai 58%, perhatian pada peserta didik memperoleh nilai 5%, keterlibatan pada peserta didik memperoleh nilai 33%, dan rata-rata yang diperoleh pada pra siklus yaitu 32.25%. Kemudian pada siklus I perasaan senang pada peserta didik 37.5%, ketertarikan pada peserta didik 5%, perhatian pada peserta didik 56.25%, keterlibatan pada peserta didik 81.25%, dan rata-rata yang diperoleh pada siklus I yaitu 45%. Selanjutnya pada siklus II yaitu perasaan senang 83.33%, ketertarikan 72.22%, perhatian siswa yaitu 88.88%, dan keterlibatan memperoleh 88.88%, dengan rata-rata nilai 83.32%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media kotak surat dapat meningkatkan minat belajar siswa di kelas VII.2 SMP Negeri 13 Langsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Amiruddin, MA Pembimbing II:Yustizar, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Media kotak surat, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 10 Feb 2025 08:09
Last Modified: 10 Feb 2025 08:09
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4310

Actions (login required)

View Item View Item