Strategi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Dalam Melakukan Inovasi kompetensi Pedagogik Guru PAI Di Aceh Timur

Asiah, 5032022075 (2024) Strategi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Dalam Melakukan Inovasi kompetensi Pedagogik Guru PAI Di Aceh Timur. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
ASIAH-3 (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) di Aceh Timur. Untuk meningkatkan kompetensi tersebut, diperlukan strategi inovatif dari kepala madrasah. Penelitian ini difokuskan pada tiga madrasah yang telah menerapkan inovasi, yaitu MIN 19, MIN 13, dan MIN 28 Aceh Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI di ketiga lokasi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperiksa melalui perpanjangan penelitian dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh kepala madrasah MIN 19 meliputi pemeriksaan administrasi guru, peningkatan kemampuan melalui diklat, keteladanan, dan supervisi. Di MIN 13, strategi yang diterapkan adalah peningkatan kedisiplinan guru serta perawatan kebersihan dan keindahan madrasah. Sementara itu, kepala madrasah MIN 28 berfokus pada peningkatan literasi guru dan pembuatan administrasi pembelajaran yang autentik. Inovasi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI mencakup pengembangan kelas digital di MIN 19 yang memungkinkan guru mengenal karakteristik siswa serta menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik. Inovasi madrasah sehat di MIN 13 bertujuan untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran yang mendidik dan memperhatikan pengembangan potensi siswa. Di MIN 28, inovasi literasi meningkatkan kemampuan guru PAI dalam berkomunikasi, melakukan penilaian dan evaluasi, serta mengembangkan kurikulum. Faktor pendukung dan penghambat strategi inovasi berasal dari faktor internal (kepala madrasah dan guru) serta faktor eksternal (Kementerian Agama Kabupaten dan masyarakat sekitar madrasah)

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I : Iqbal, S.Ag., M.Pd., Ph.D Pembimbing II: Dr. Danil Putra Arisandy, M.Kom.I
Uncontrolled Keywords: Strategi Inovasi, Kompetensi Pedagogik
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pasca. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 06 Feb 2025 03:07
Last Modified: 06 Feb 2025 03:07
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4307

Actions (login required)

View Item View Item