Implementasi Metode Permainan Bisik Berantai Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 13 Langsa

Alya Navisa A, 1012020001 (2024) Implementasi Metode Permainan Bisik Berantai Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 13 Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
ALYA NAVISA A.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode permainan bisik-bisik berantai untuk meningkatkan hasil belajar dan keterlibatan siswa terhadap materi keimanan pada mata pelajaran Qada dan Qadar kelas IX.I SMP Langsa Negeri 13. Penelitian ini merupakan salah satu bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat bagian, yaitu: persiapan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX.I SMP Langsa Negeri 13. Metode pengumpulan data meliputi tes hasil belajar siswa, wawancara, dokumentasi, dan penggunaan pendekatan permainan bisik-bisik berantai untuk mengetahui minat belajar siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dan antusiasme dalam belajar meningkat. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengamatan peningkatan minat siswa pada prasiklus dan rata-rata 31,24% pada prasiklus. Perasaan senang siswa diperoleh 25%, minat 33,33%, perhatian 41,66%, dan keterlibatan 25%. Pada siklus I, terjadi peningkatan sentimen senang (69,23%), minat (61,53%), perhatian (69,23%), dan partisipasi (69,23%). Rata-rata prasiklus sebesar 57,30%. Selain itu, terjadi peningkatan tambahan pada siklus II, yaitu persentase siswa yang melaporkan merasa senang (94,44%), tertarik (94,44%), memperhatikan (88,88%), dan terlibat (94,44%). Rata-rata prasiklus sebesar 93,05%. Selain itu, dengan dicantumkannya nilai prasiklus dengan nilai persentase sebesar 27% menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I terjadi peningkatan dengan persentase sebesar 75%. Pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 85%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan pendekatan permainan bisik-bisik berantai di kelas IX.I SMP Negeri 13 Langsa dapat membuat siswa lebih tertarik untuk mempelajari tema Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muhaini, MA Pembimbing II: Afrizal Refo, MA
Uncontrolled Keywords: Metode permainan bisik berantai, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 06 Feb 2025 02:58
Last Modified: 06 Feb 2025 02:58
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4306

Actions (login required)

View Item View Item