Alfira Auliana, 4032019079 (2024) Pengaruh Literasi Keuangan Digital, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Kepercayaan Dalam Melakukan Transaksi Menggunakan Layanan Mobile Banking. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
ALFIRA_AULIANA[1].pdf Download (3MB) |
Abstract
Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan aplikasi mobile banking seperti literasi keuangan digital, persepsi kemudahan, persepsi kemanfaatan dan kepercayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara langsung maupun tidak langsung antara literasi keuangan digital, persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan terhadap kepercayaan dalam melakukan transaksi menggunakan layanan mobile banking. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Bank Syariah Indonesia sebanyak 45.000. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 100 responden menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian menunjukkan Literasi keuangan digital memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan dalam menggunakan layanan mobile banking dengan nilai sgnifikasi 0,000 < 0,05. Persepsi kemudahan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan dalam menggunakan layanan mobile banking dengan nilai sgnifikasi 0,003 < 0,05. Persepsi kemanfaatan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepercayaan dalam menggunakan layanan mobile banking dengan nilai sgnifikasi 0,004 < 0,05. Literasi keuangan digital memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan dalam menggunakan layanan mobile banking dengan nilai sgnifikasi 0,024 < 0,05. Persepsi kemudahan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan dalam menggunakan layanan mobile banking dengan nilai sgnifikasi 0,002 < 0,05. Persepsi kemanfaatan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan dalam menggunakan layanan mobile banking dengan nilai sgnifikasi 0,003 < 0,05. Kepercayaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan dalam menggunakan layanan mobile banking dengan nilai sgnifikasi 0,001 < 0,05. Literasi keuangan digital berpengaruh secara tidak langsung terhadap keputusan melalui kepercayaan dalam menggunakan layanan mobile banking dengan nilai sgnifikasi 0,009 < 0,05. Persepsi Kemudahan berpengaruh secara tidak langsung terhadap keputusan melalui kepercayaan dalam menggunakan layanan mobile banking dengan nilai sgnifikasi 0,048 < 0,05. Persepsi Kemanfaatan berpengaruh secara tidak langsung terhadap keputusan melalui kepercayaan dalam menggunakan layanan mobile banking dengan nilai sgnifikasi 0,0033 < 0,05
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Ade Fasilah FW Pospos, MA Pembimbing II:Zikriatul Ulya, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Literasi Keuangan Digital, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Kepercayaan dan Keputusan. |
Subjects: | Muamalat > Keuangan Dalam Islam |
Divisions: | Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 09:16 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 09:20 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4303 |
Actions (login required)
View Item |