Intan Amalia, 1052018009 (2024) Dinamika Motivasi Belajar Pada Siswa yang Mengikuti Program Tahfidz di MIS Al-Ashriyah. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
INTAN AMALIA (1).pdf Download (1MB) |
Abstract
Tahfidz adalah proses menghafal sesuatu dengan metode tertentu ke dalam ingatan sehingga dapat diucapkan di luar kepala. MIS Al-Ashriyah Langsa merupakan salah satu madrasah/sekolah yang melakukan perubahan dalam berbagai sistem pendidikannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dinamika motivasi siswa yang sedang mengikuti program tahfidz. Mendiskripsikan permasalahan yang dialami siswa ketika mengikuti program tahfidz. Serta mendeskripsikan cara mengatasi permasalahan yang dialami siswa ketika mengikuti program tahfidz. Adapun metode yang penulis gunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis field research (lapangan), teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi yaitu pengamatan langsung pada lokasi penelitian, selanjutnya wawancara yaitu melakukukan tanya jawab dengan informan yang penulis anggap benar-benar data yang menurut penulis dapat dijadikan data penelitian, dan dokumentasi adapunn subjek penelitian yaitu guru dan siswa yang mengikuti program tahfidz. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis peroleh peneliti menemukan bahwa Dinamika motivasi siswa belajar pada program pembelajaran tahfidz di MIS Al-Ashriyah kota langsa karena adanya bebegai dorongan baik secara intern dan ekstern, adapun secara intern yaitu keinginan dari diri sendiri, sedangkan secara ekstern siswa yang mengikuti tahfidz atas dorongan orang tua.. Permasalahan yang Dialami Siswa Ketika Mengikuti Program Tahfidz yaitu kesulitan pada bacaan panjang pendeknya, serta tulisan yang belum bisa dikenali serta serta makharijul huruf selain itu juga rasa bosan juga menjadi salah satu permasalahan yang sering dialami siswa dalam menghafal Al-Quran. Cara mengatasi permasalahan siswa ketika mengikuti program tahfidz yaitu terdapat beberapa cara diantaranya, membaca shalawat disaat anak bosan, menggunakan durasi istirahat bagi yang sudah murajaah, metode menulis disaat bosan, bercerita sambil menghafal, bermain dan berbagai cara lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan semangat siswa kembali. Hal ini dikarenakan anak yang masih sekolah dasar keinginan dalam bermain juga sangat tinggi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Junaidi, M.Pd.I Pembimbing II:Syamsiah Z, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Dinamika Motivasi, Belajar, Program Tahfidz |
Subjects: | Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 03:32 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 03:32 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4283 |
Actions (login required)
View Item |