Konsep Amar Ma'ruf Nahi Munkar Imam Al-Ghazali Dalam Ihya Ulumiddin Dan Relevansinya Dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lilalamin Di Madrasah Aliyah

Jamaluddin, 5032022012 (2024) Konsep Amar Ma'ruf Nahi Munkar Imam Al-Ghazali Dalam Ihya Ulumiddin Dan Relevansinya Dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lilalamin Di Madrasah Aliyah. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
79c5c685-a8b9-4bdc-bb1d-0aa15fab1105.pdf

Download (3MB)

Abstract

Amar Ma’ruf Nahi Munkar adalah upaya mengajak berbuat baik dan mencegah perbuatan buruk yang wajib dilakukan oleh semua orang islam sesuai dengan tingkat kapasitas masing masing individu. Imam Ghazali memiliki pandangan bahwa Amar Ma’ruf Nahi Munkar tidak boleh dilakukan sembarangan karena akan memberikan dampak yang buruk. Imam Ghazali memberikan syarat dan ketentuan yang harus terpenuhi untuk menjalankannya. P5-PPRA adalah merupakan sarana memberi kesempatan peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting seperti perubahan iklim, anti radikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Amar Ma’ruf Nahi Munkar menurut Imam Al-Ghazali dan relevansinya dengan P5-PPRA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dan menggunakan metode konten analisis isi (content analysis). Adapun sumber data yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan adalah kitab Ihya’ ‘Ulumuddin karya imam al- Ghazali. Adapun data sekunder yang digunakan adalah berbagai literatur yang memuat tentang tema Amar Ma’ruf Nahi Munkar dan P5-PPRA. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan di antara kedua tema tersebut, yaitu Amar Ma’ruf Nahi Munkar dan P5-PPRA. Walaupun berbeda, Amar Ma’ruf Nahi Munkar menurut imam al-Ghazali masih sangat relevan jika digunakan sebagai topik dalam P5-PPRA di Madrasah. Imam alGhazali menawarkan Konsep Amar Ma’ruf Nahi Munkar dengan beberapa syarat yang harus di penuhi, di antaranya 1) harus berilmu 2) memiliki sikap hati- hati dan 3) memiliki sifat yang baik, dan juga melalui beberapa tahapan, yaitu: 1) pengenalan 2) pemberitahuan 3) pemeberian nasihat 4) menegur 5) merubah dengan tangan 6) pemberian ancaman 7) memukul dan 8) meminta bantuan teman. Tahapan- tahapan ini dapat di ambil dan di adaptasi oleh para pendidik dan peserta didik dalam membuat proyek P5-PPRA di Madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I : Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, M.A Pembimbing II: Dr. Mulyadi., M.A
Uncontrolled Keywords: Amar Ma’ruf, Nahi Munkar, P5-PPRA
Subjects: Hukum Islam > Mahzab dalam Islam
Divisions: Pasca. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 20 Jan 2025 03:11
Last Modified: 20 Jan 2025 03:11
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4279

Actions (login required)

View Item View Item