Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Easy Sketch Pro 3 Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Kelas X Di SMA Negeri 4 Kejuruan Muda

Putra Andika, 1032017013 (2024) Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Easy Sketch Pro 3 Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Kelas X Di SMA Negeri 4 Kejuruan Muda. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
skripsi putra.pdf

Download (7MB)

Abstract

Dalam mengatasi kesulitan belajar dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang menarik serta dapat merangsang kemampuan siswa, salah satu media pembelajarannya adalah video berbantuan aplikasi easy sketch pro 3 dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video aplikasi easy sketch pro 3 dalam meningkatkan pemahaman matematika siswa. yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Tahapan pengembangan yang dilakukan adalah; 1) melakukan analisis, 2) perancangan media, 3) pengembangan media, 4) implementasi media dan 5) evaluasi produk. Kevalidan media dikatakan valid dari hasil rata-rata skor kevalidan oleh ahli media tahap I yaitu sebesar 54,86% menurut kriteria ahli media kurang valid digunakan. Hasil rata-rata skor kevalidan ahli media tahap II yaitu sebesar 83,3% dengan kriteria Sangat Valid dan layak digunakan. Hasil rata-rata skor kevalidan oleh ahli materi tahap I yaitu sebesar 85,3% menurut kriteria ahli materi Sangat Valid. Selanjutnya hasil rata-rata skor kevalidan oleh ahli materi tahap II yaitu sebesar 92,3% dengan kriteria Sangat Valid. Pada angket guru menunjukkan persentase rata-rata kepraktisan yaitu sebesar 92,3% dengan kriteria kepraktisan yaitu Sangat Praktis. hasil uji kepraktisan menggunakan angket respon siswa menunjukkan bahwa persentase hasil rata-rata respon media video pembelajaran berbantuan easy sketch pro 3 yaitu sebesar 84,2% dengan kriteria yaitu Sangat Praktis. Berdasarkan analisis siswa tuntas yaitu mencapai 96,33%. Berdasarkan pada penilaian yang digunakan pada sistem penilaian di SMA Negeri 4 Kejuruan Muda , maka hasil belajar melalui penggunaan media video pembelajaran dikategorikan , Sangat Efektif dengan 100 % ,dimana 17 siswa lulus mendapat nilai A, 6 siswa mendapat nilai A-. dan 7 siswa mendapat nilai B dengan kriteria keefektifan yaitu 81,% < E < 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Sabaruddin, M.Si Pembimbing II: Wahyuni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media video pembelajaran, Easy sketch pro 3, ADDIE
Subjects: Matematika > Metode Pembelajaran Ilmu Matematika
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:05
Last Modified: 09 Jan 2025 04:05
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4273

Actions (login required)

View Item View Item