Pengembangan E-Modul PAI Berbasis Gaya Belajar Siswa Pada Sekolah Kejuruan

Fitriana, 5032022039 (2024) Pengembangan E-Modul PAI Berbasis Gaya Belajar Siswa Pada Sekolah Kejuruan. Masters thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
BISMILLAH SUKSES TESIS FITRIANA Cetak (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendesain bahan ajar e-modul berbasis gaya belajar siswa, Untuk mengukur kualitas e-modul berbasis gaya belajar siswa, dan untuk mengukur respon siswa terhadap e-modul berbasis gaya belajar. E-modul atau modul elektronik merupakan bahan ajar digital yang terstruktur dan sistematis, memuat materi pembelajaran dalam format teks, gambar, audio, dan video. E-modul dirancang untuk mendukung pembelajaran mandiri dan efektif bagi peserta didik, Gaya belajar siswa merujuk pada preferensi unik individu dalam menyerap informasi, yang dapat dibagi menjadi visual, auditorial, dan kinestetik, penting untuk disesuaikan dalam strategi pembelajaran guna meningkatkan pemahaman siswa. Adapun Metodologi pada penelitian pengembangan ini, yaitu model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) define atau pendefinisian, (2) design atan perancangan; (3) develop atau pengembangan. (4) disseminate atau penyebaran Penelitian ini menghasilkan e�modul PAI berbasis Gaya belajar siswa pada sekolah kejuruan . Hasıl validasi terhadap e-modul PAI berbasis Gaya belajar diperoleh nilai V- 0,8 dengan kriteria sangat valid kemudian hasil tersebut dihitung dengan rumus persentase yang memperoleh hasil 100% yang termasuk katagori sangat baik, sehingga e-modul berbasis gaya belajar pada pembelajaran PAI layak digunakan. termasuk dalam kategori sangat valid, artinya e-modul berbasis Gaya belajar pada pembelajaran PAI di sekolah kejuruan berada pada kategori sangat valid. Uji coba e-modul dilakukan pada 30 siswa kelas XI SMK Negeri 3 Langsa. Hasil uji coba menunjukkan bahwa e-modul sangat layak digunakan dalam pembelajaran PAI dengan nilai rata-rata 72,997, Dengan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel maka (72,997 > 1,699) maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian bahan ajar e�modul PAI berbasis gaya belajar dapat diterima oleh siswa dengan kriteria "bahan ajar sangat valid” Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Pengembangan e-modul PAI berbasis gaya belajar menghasilkan e-modul yang sangat valid dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran PAI di SMK. E�Modul ini dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di sekolah kejuruan dan Semangat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Nurmawati, M.Pd Pembimbing II:Dr. Marzuki, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, E-Modul, PAI, Gaya Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Pasca. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 04 Dec 2024 03:27
Last Modified: 04 Dec 2024 03:27
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4229

Actions (login required)

View Item View Item