Pengaruh Eksistensi Kelas Unggulan Terhadap Motivasi Belajar Kelas Reguler (Studi Kasus Pada Mts Ulumul Quran Langsa

Iqbal Maulana, 1012009066 (2017) Pengaruh Eksistensi Kelas Unggulan Terhadap Motivasi Belajar Kelas Reguler (Studi Kasus Pada Mts Ulumul Quran Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
IQBAL MAULANA...pdf

Download (1MB)

Abstract

Dengan merujuk pada Undang-Undang Bab V pasal 12 ayat 1 yang menegaskan bahwa ”setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan layanan pendidikan sesuai bakat, minat dan kemampuannya.” maka pembentukan kelas unggulan dan reguler adalah salah satu upaya yang dipilih dan telah diterapkan pemerintah untuk memajukan bidang pendidikan atau yang dikenal dengan istilah akselerasi. Namun, pada kenyataannya dalam pengaplikasiannya banyak menimbulkan dampak negatif terhadap siswa kelas reguler. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi kelas unggulan dan motivasi belajar kelas reguler serta untuk menganalisa pengaruh eksistensi kelas unggulan terhadap motivasi belajar kelas reguler di MTs Ulumul Quran Langsa. Dalam hal ini, peneliti menerapkan penelitian kuantitatif korelasional bivariat, yaitu suatu analisa statistik mengenai ada tidaknya pengaruh antara dua variable yang sedang di teliti. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan penyebaran angket tertutup yang berisi 30 item pernyataan dengan 5 alternatif jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara eksistensi kelas unggulan dengan motivasi belajar kelas reguler dengan nilai koefisiensi korelasi 0,145 dengan arah yang berlawanan (korelasi negatif/mendekati -1)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mukhlis, Lc., M.Pd.I Pembimbing II: Junaidi, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Minat Belajar, Siswa Siswi
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 28 Nov 2024 03:52
Last Modified: 28 Nov 2024 03:52
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4227

Actions (login required)

View Item View Item