Zulfadli, 4032016034 (2023) Strategi Pemasaran Yang Diterapkan Di Cv Zafran Mokas Dalam Meningkatkan Jumlah Kepuasan Customer Sepeda Motor Bekas Di Aceh Timur. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
Betol (1).pdf Download (1MB) |
Abstract
Pemasaran merupakan manajemen dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi serta mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan keinginan kepada para konsumen saat ini, maupun konsumen potensial. CV Zafran Mokas merupakan salah satu CV yang bergerak pada jual beli motor bekas di daerah Aceh Timur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi penjualan atau pemasaran, kendala yang dihadapi, dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala yang dihadapi. Pendekatan skripsi ini bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik deskriptif. Data yang terkumpul kemudian di analisis dan di kelompokkan berdasarkan permasalahan pengamatan yang ada. Jenis penelitian yang dilakukan penulis yaitu dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Strategi yang digunakan dalam menjual sepeda motor di CV Zafran Mokas adalah dengan melakukan segmentasi pasar terlebih dahulu. Kemudian melakukan bauran pemasaran dari segi produk, tempat, harga, dan promosi. Promosi yang dilakukan oleh CV Zafran Mokas berbagai macam seperti melakukan promosi melalui media cetak dan media sosial seperti Tik Tok, Instagram, facebook, whatsaap. Pelaksanaan strategi pemasaran dengan menggunakan 4P, product, price, place, promotion. Strategi pemasaran dengan menggunakan segmenting, targeting, positioning pada produk sepeda motor bekas. 2) Kendala yang dihadapi CV Zafran Mokas dalam memasarkan sepeda motor yakni kelengkapan dokumen konsumen seperti KK dan KTP karena syarat ini sangat penting dalam pengurusan surat-surat kendaraan, histori kredit yang jelek, sikap konsumen yang tidak sabar, stok barang yang kosong, dan pengantaran unit dalam hal ini tempat tinggal konsumen yang jauh dari jangkauan. 3) Upaya yang dilakukan CV Zafran Mokas dalam mengatasi kendala yang dialami antara lain menyeleksi kembali dokumen calon konsumen, jika histori kreditnya jelek maka dealer akan angkat ke leasing yang lain, untuk barang yang kosong dealer melakukan inden dan berusaha proses inden ini secepat mungkin. Selain itu, juga memberikan pelayanan yang terbaik sehingga konsumen merasa nyaman dan puas dengan pelayanan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Prof. Dr. Iskandar Budiman, M.Cl Pembimbing II:Asrul, S.Pd.i, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran, Kepuasan, Sepeda Motor Bekas |
Subjects: | Muamalat > Jual Beli |
Divisions: | Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 03:25 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 03:25 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4192 |
Actions (login required)
View Item |