Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Remedial Berbantuan Media Audio Visual di MIN 2 Langsa

Ayu Mawaddah, 1052017080 (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Remedial Berbantuan Media Audio Visual di MIN 2 Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
AYU MAWADDAH 1052017080.pdf

Download (487kB)

Abstract

Media audiovisual merupakan salah satu bentuk media pembelajaran dapat digunakan oleh guru untuk menarik perhatian dari siswa, sehingga materi dapat tersampaikan dan diterima dengan baik. Audio sebagai bahan ajar telah tersedia dalam berbagai ilmu, sehingga dapat dengan mudah dijadikan sebagai penunjang atau alat bantu dalam proses pembelajaran, sehingga media audio-visual memiliki peranan yang sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal pada khususnya dan demi kemajuan pendidikan pada umumnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas III MIN 2 Langsa melalui pembelajaran remedial berbantuan media audio visual. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MIN 2 Langsa, yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 21 siswa perempuan dan 13 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis hasil aktivitas guru dan siswa, analisis tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dari aktivitas guru pengamat I dan pengamat II pra siklus sebesar 59,81 %. Namun setelah dilanjutkan kesiklus 1 dan siklus 2 aktivitas guru dengan skor persentase rata-rata dari pengamat I dan pengamat II siklus 1 sebesar 87,49 % dan siklus 2 sebesar 91,96. Dari aktivitas siswa selama pembelajaran pada pra siklus 59,81 % dengan hasil belajar 5,88 %. Namun setelah dilanjutkan kesiklus 1 persentase rata-rata dari pengamat I dan pengamat II sebesar 83,03 dengan hasil belajar 29,41 % dan siklus 2 sebesar 92,85 % dengan hasil belajar 94,11 %. Hal ini terlihat Pada saat proses pembelajaran siswa tampak lebih aktif dan semangat dalam mengikuti pembelajaran didalam kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Rita Sari, M.Pd Pembimbing II:Nur Balqis Mutia, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Remedial, Media Audio Visual, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 16 Oct 2024 03:14
Last Modified: 16 Oct 2024 03:14
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4189

Actions (login required)

View Item View Item