Fenomena Menghafal Qur`an Dengan Metode Tabarak Pada TK ITQ Rutaba Huda Wan Nur Matang Seulimeng, Kota Langsa (Analisis Dampak Psikologis Pada Anak)

Mualidia Arsyi, 3032019031 (2024) Fenomena Menghafal Qur`an Dengan Metode Tabarak Pada TK ITQ Rutaba Huda Wan Nur Matang Seulimeng, Kota Langsa (Analisis Dampak Psikologis Pada Anak). Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
AA SKRIPSI MAULIDIA ARSYI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Maulidia Arsyi, 2024, Fenomena Menghafal Qur`an Dengan Metode Tabarak Pada TK ITQ Rutaba Huda Wan Nur Matang Seulimeng, Kota Langsa (Analisis Dampak Psikologis Pada Anak), Skripsi Program Studi Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Langsa. Peranan metode dalam menghafal Al-Qur`an sangat besar untuk mendukung keberhasilan hafalan. Penggunaan metode yang tepat, akan membantu seorang penghafal Al-Qur'an untuk dapat menghafal dengan baik dan cepat. Selain itu, Al-Qur`an merupakan kitab suci umat Islam dan merupakan sumber dasar bagi segala ilmu. Penghafalan Al-Qur`an dinilai tidak menyalahi fitrah anak, namun orangtua harus memperhatikan kemampuan anak. Dilihat dari ilmu psikologi, anak usia dini memang dikatakan berada pada masa keemasan (golden age). Dengan demikian, anak mengalami masa sensitif, anak mulai peka untuk menerima berbagai stimulasi dan berbagai upaya pendidikan dari lingkungannya, baik yang disengaja maupun tidak. Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan metode tabarak di TK ITQ Rutaba Huda Wan Nur? dan bagaimana analisis dampak psikologis pada anak terhadap pelaksanaan metode tabarak di TK ITQ Rutaba Huda Wan Nur? Dalam melakukan penelitian ini peneliti menggunakan metode jenis penelitian Lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Sedang dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif yaitu menggambar dan melihat fenomena yang ada di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fenomena menghafal Qur`an dengan metode tabarak pada TK ITQ Rutaba Huda Wan Nur yakni metode menghafal yang menggunakan audio visual yaitu televisi dan perlu kerjasama guru dan orang tua agar anak dapat mencapai target hafalannya. Strategi yang digunakan guru adalah dengan memberikan reward ketika anak rajin murajaah, menambah hafalan dan memberikan nasehat-nasehat agar anak termotivasi untuk rajin menghafal. Kelebihan metode tabarak adalah anak cepat menghafal walaupun belum bisa membaca Al-Qur’an. Sedangkan kelemahan metode Tabarak adalah ayat AlQur’an yang diucapkan anak menjadi tidak jelas karena anak menghafal apa yang didengar jadi ketika yang anak dengar salah maka hafalannya juga salah Hasil bahwa metode tabarak sangat cocok bagi anak usia dini. Ditinjau dari aspek psikologi kognitif, emosi serta dukungan sosial metode tabarak mendukung tingkat perkembangan dalam proses pembelajaran menghafal Al-Qur`an anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mawardi, M. Si Pembimbing II: Dedy Surya,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Fenomena, Metode Tabarak, TK ITQ Rutaba Huda Wan Nur, Aspek Psikologi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Ilmu Al-Qur'an & Tafsir
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 15 Oct 2024 08:30
Last Modified: 15 Oct 2024 08:30
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4178

Actions (login required)

View Item View Item