Strategi Bauran Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Terasi Di Kecamatan Langsa Barat

Aldya Dwi Rizky HSB, 4032017002 (2023) Strategi Bauran Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Terasi Di Kecamatan Langsa Barat. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
ALDYA DWI RIZKY HSB (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, strategi pemasaran berperan sangat penting untuk mencapai suatu target dan hasil usaha. Setiap pengusaha terasi yang ingin mempertahankan dan mengembangkan produk terasi yang ditawarkan tentunya harus mengambil keputusan mengenai strategi pemasaran dengan hati-hati dengan begitu usaha terasi yang dijalankan dapat dapat menguasai pasar di daerah hingga luar daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran yang digunakan oleh usaha mikro kecil menengah (UMKM) terasi di Kecamatan Langsa Barat. Untuk mengetahui hambatan yang mempengaruhi penerapan bauran pemasaran oleh usaha mikro kecil menengah (UMKM) terasi di Kecamatan Langsa Barat dan untuk mengetahui hasil dari penerapan bauran pemasaran usaha mikro kecil menengah (UMKM) terasi yang ada di Kecamatan Langsa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan 3 usaha terasi yang ada di Kecamatan Langsa Barat sebagai sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh ketiga pengusaha terasi berbeda-beda. Untuk terasi merek Awaina dan Makmi telah menerapkan ke tujuh bauran pemasaran, sedangkan terasi merek SBR hanya menerapkan 4 bauran pemasaran seperti product (produk), price (harga), people (sumber daya manusia) dan physical evidence (bukti fisik). Terdapat tiga hambatan yang peneliti temukan dalam menerapkan bauran pemasaran yang pertama mahalnya harga bahan baku, banyaknya pesaing dan harga dari pesaing yang lebih murah. Hasil dari penerapan bauran pemasaran yang dirasakan oleh ketiga pengusaha terasi yaitu Awaina, SBR dan Makmi adalah peningkatan produksi terasi dan juga peningkatan pendapatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Mutia Sumarni, M.M Pembimbing II:Safwandi, M.Mat
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, UMKM Terasi, Langsa Barat
Subjects: Umum > Ilmu Ekonomi > Ekonomi Industri > Wirausaha
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 25 Sep 2024 02:15
Last Modified: 25 Sep 2024 02:15
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4168

Actions (login required)

View Item View Item