Nurleli, 1052015039 (2022) Pendidikan Sains Dalam Perspektif Islam Pada Animasi Rico The Series. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
SKRIPSI NURLELI.pdf Download (991kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui nilai-nilai Sains dalam animasi Riko The Series berdasarkan pespektif islam. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian literatur (library research). Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui dokumentasi dan studi kepustakaan. Hasil penelitian didapatkan bahwa dalam animasi Riko The Series episode “Jarak Matahari danx Bumi”, “Berani Sama Besi?”, “Penemu Jam Mekanik”, dan “Yuk, Hemat Listrik” dari keempat episode tersebut mengandung nilai-nilai sains yang dihubungkan dengan Al-Qur’an. Seperti episode “Jarak Matahari dan Bumi” dalam episode ini dihubungkan dengan (Q.S Az-Zumar :5). Episode “Berani sama Besi?” dalam episode ini dihubungkan dengan (Q.S Al-Hadad: 25). Episode “Penemu Jam Mekanik” episode ini dihubungkan dengan (Q.S Al-Ashr : 1-3). Dan episode “Yuk, Hema Listrik” episode ini dihubungkan dengan (Q.S An-Nur : 35). Dapat disimpulkan bahwa jauh sebelum para ahli menemukan penemuannya, Allah telah lebih dulu menjelaskan dalam Al-Qur’an melalui ayat-ayatnya. Sehingga antara ilmu sains dan Alqur’an saling berkesinambungan. Dan dalam animasi ini anak tidak hanya menonton sebuah film tapi mereka juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang dikemas secara menarik dan dapat dicerna dengan mudah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Muhaini, MA Pembimbing II: Junaidi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Sains, Perspektif Islam, Animasi Riko The Series |
Subjects: | Pendidikan > Analisis Pendidikan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 02:37 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 02:37 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4165 |
Actions (login required)
View Item |