Komunikasi Humanistik Guru Dalam Menghadapi Temper Tantrum Anak Berkebutuhan Khusus Di SDLB Negeri Pembina Aceh Tamiang

Nana Raseki, 3012018022 (2022) Komunikasi Humanistik Guru Dalam Menghadapi Temper Tantrum Anak Berkebutuhan Khusus Di SDLB Negeri Pembina Aceh Tamiang. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI NANA RASEKI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Komunikasi memiliki peran yang sangat penting dalam menjalankan kegiatan di Sekolah. Tanpa adanya komunikasi yang baik maka guru dan murid tidak mungkin bisa menjalankan kegiatan pembelajaran dengan baik, apalagi dengan anak temper-tantrum berkebutuhan khusus. Maka dari itu perlu seorang guru melakukan komunikasi humanistik dengan muridnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui komunikasi humanistik guru dalam menghadapi anak temper tantrum berkebutuhan khusus di SDLB Negeri Pembina Aceh Tamiang dan untuk mengetahui apa saja hambatan dan solusi yang dilakukan guru dalam komunikasi humanistik. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya komunikasi humanistik yang dilakukan guru dalam menghadapi temper-tantrum anak berkebutuhan khusus yaitu (1) komunikasi verbal, dengan bahasa lisan dan belajar dengan tulisan, (2) komunikasi nonverbal, yaitu dengan bahasa tubuh, gerakan tangan, dan bahasa isyarat, selanjutnya media belajar dalam bentuk simbol dan gambar, dan terakhir (3) adanya hambatan dan solusi yaitu, sulitnya memegang erat anak ketika anak tantrum. Dan guru juga terlukai saat anak berusaha melukai dirinya sendiri. Solusinya adalah guru harus mampu menguasai komunikasi humanistik, guru seolah menjadi teman si anak agar si anak merasa nyaman, dan patuh terhadap semua perintah yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Yusmami, S.Ag,. MA Pembimbing II: Dr. Rusli, MA
Uncontrolled Keywords: komunikasi humanistik, anak berkebutuhan khusus, temper-tantrum
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:14
Last Modified: 27 Aug 2024 08:14
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4162

Actions (login required)

View Item View Item