Penerapan Corong Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini di RA Raudhatul Ilmi Kampung Matang Tepah Kecamatan Bendahara Aceh Tamiang

Sutya Ananda, 1062016024 (2023) Penerapan Corong Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini di RA Raudhatul Ilmi Kampung Matang Tepah Kecamatan Bendahara Aceh Tamiang. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
BAB I- 5 (Sutyaananda lengkap)(1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini terkait dengan kemampuan berhitung pada anak usia 5-6 tahun yang masih kurang baik seperti halnya masih banyak diantara anakanak yang belum mengenal lambang bilangan, dan mencocokkan lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui penerapan media corong edukatif di RA Raudhatul Ilmi. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek anak-anak kelompok B pada RA Raudhatul Ilmi sebanyak 15 anak. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Dari hasil penelitian di tunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berhitung anak dari siklus I ke siklus II yaitu pada indikator I terdapat peningkatan sebesar 13,2%, pada indikator II terdapat peningkatan sebanyak 53,2% dan indikator III 26,7%. Dengan demikian penerapan media corong edukatif dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak RA di RA Raudhatul Ilmi Kampung Matang Tepah Kecamatan Bendahara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Jelita, M.Pd Pembimbing II:Nina Rahayu, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Alat peraga, Corong edukatif, dan kemampuan berhitung.
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:43
Last Modified: 26 Aug 2024 03:43
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4154

Actions (login required)

View Item View Item