Pengaruh Ekuitas Merek Dan Posisi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Sepeda Motor Pada Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Langsa

Ambar Utari, 4032017003 (2022) Pengaruh Ekuitas Merek Dan Posisi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Sepeda Motor Pada Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI AMBAR UTARI NIM. 4032017003.pdf

Download (724kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh ekuitas merek dan posisi merek terhadap keputusan pembelian kendaraan sepeda motor pada Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Langsa. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan penarikan sampel probability sampling dengan cara cluster sampling. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa sebanyak 95 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan membagikan kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesa (uji t, uji F dan R2 ). Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa variabel independen ekuitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian kendaraan sepeda motor pada mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa dengan nilai (X1) thitung 2.112 > 1,986 dan signifikasi sebesar 0,037 < 0,05, dan variabel posisi produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian kendaraan sepeda motor pada mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa dengan nilai (X2) thitung 5,690 > 1,986 dan signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 Hasil penelitian uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara variabel ekuitas merek dan posisi merek terhadap keputusan pembelian kendaraan sepeda motor pada mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa dengan nilai Fhitung = 39,618 > Ftabel 3,10. Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan analisis koefisiensi determinasi (adjusted R 2) bahwa 45,1% variasi nilai keputusan pembelian kendaraan sepeda motor pada mahasiswa Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa ditentukan oleh dua variabel yang berpengaruh yaitu ekuitas merek dan posisi merek. Sedangkan sisanya 54,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam persamaan tersebut diatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Mulyadi, MA Pembimbing II:Rifyal Dahlawy Chalil, SEI, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Ekuitas Merek, Kendaraan Sepeda Motor, Keputusan Pembelian, Posisi Merek
Subjects: Muamalat > Jual Beli
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 22 Jul 2024 04:33
Last Modified: 22 Jul 2024 04:33
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4145

Actions (login required)

View Item View Item