Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Pai Kelas X Di Smkn 3 Langsa

Afiqah Fauziah, 1012019075 (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Savi Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Pai Kelas X Di Smkn 3 Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI AFIQAH FAUZIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jika ingin siswa terlibat dan tidak bosan saat belajar, kita perlu menemukan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu, dan disitulah model pembelajaran berperan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar kognitif mata pelajaran PAI. di SMKN 3 Langsa tahun ajaran 2022/2023 menggunakan model pembelajaran SAVI yang berbantuan mind map. One-Group Pretest-Posttest Designs merupakan metodologi penelitian kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Tata Busana. Sampel penelitian adalah 13 siswi Kelas X Busana 5 yang dipilih dengan pendekatan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode statistik deskriptif dan inferensial untuk analisis data, yang terakhir mencakup uji normalitas dan uji hiposkripsi. Perbedaan terdeteksi antara skor pretest dan posttest, dan hiposkripsi nol (H_0) ditolak. Hiposkripsi alternatif (H_1) diterima, sesuai dengan temuan pengujian hiposkripsi menggunakan uji Paired Sample t-test dengan Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, beralasan jika diasumsikan bahwa hasil belajar kognitif siswa PAI dipengaruhi oleh paradigma pembelajaran SAVI dengan dukungan mind map.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :M. Fadli, M. Pd Pembimbing II:Saparuddin Rambe, M. Pd
Uncontrolled Keywords: SAVI, Mind Mapping, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 19 Jul 2024 09:07
Last Modified: 19 Jul 2024 09:07
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4136

Actions (login required)

View Item View Item