Pembatalan Layanan Jasa Siway Delivery Oleh Customer Secara Sepihak Dalam Perspektif Fiqh Muamalah (Studi Kasus Pada Kota Langsa)

Kamur Razi, 2012019029 (2023) Pembatalan Layanan Jasa Siway Delivery Oleh Customer Secara Sepihak Dalam Perspektif Fiqh Muamalah (Studi Kasus Pada Kota Langsa). Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI KAMUR RAZI.pdf

Download (32MB)

Abstract

Siway Delivery adalah suatu layanan yang menawarkan jasa pesan antar makanan. Siway Delivery merupakan layanan dalam aplikasi Ig dan Wa, yang beranggota 15 orang dan admin nya 2 orang. Namun pada skema ini penjual tidak bertemu dengan pembeli, penjual diwakilkan oleh kurir/delivery untuk menerima pemberian barang yang diterima oleh pembeli. Dimana dalam menjalankan kegiatannya, Siway Delivery memakai pengemudi sepeda motor. Sistem layanan dalam aplikasi perangkat lunak yang berfungsi sebagai sarana untuk menemukan layanan dengan menggunakan sepeda motor yang disediakan kurir. Aplikasi ini menawarkan informasi tentang layanan delivery yang ditawarkan oleh penyedia layanan. Jenis layanan yang dapat diminta melalui aplikasi seperti pesan dan antar makanan. Namun, sering terjadi pembatalan layanan jasa yang di lakukan oleh pembeli. Salah satu kasus pembatalan sepihak terhadap layanan jasa siway delivery adalah pembeli yang tiba tiba membatalkan tidak memberikan alasan dan tidak dapat dihubungi, pesanan tersebut dibatalkan dan harganya tidak dibayarkan.Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana praktik layanan jasa pada siway delivery dan bagaimana analis fiqh muamalah terhadap costumer yang membatalkan layanan jasa siway delivery. Tujuan penelitian antara lain, Untuk mengetahui mekanisme praktik layanan jasa siway delivery dan untuk mengetahui pembatalan layanan jasa siway delivery oleh costumer secara sepihak menurut fiqh muamalah.Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris, penelitian lapangan (field reasearch), untuk memperoleh data-data penulis melakukan wawancara atau mengamati objek penelitian di siway delivery. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembatalan layanan jasa menurut fiqh muamalah.Hasil penelitian ini bahwasanya pembatalan layanan jasa delivery yang di lakukan oleh costumer tidak dapat dibenarkan karena perbuatan tersebut merupakan perbuatan yang di larang dalam hukum islam. Akan tetapi antara penjual dan pembeli telah menyelesaikannya dengan cara damai dan berakhir dengan saling rela antara penjual dan pembeli, maka dalam islam di pandang boleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Syawaluddin Ismail, Lc, MA Pembimbing II:Ikhsan Kamilan Latif, MA, SH
Uncontrolled Keywords: Fiqh Muamalah, Praktik Layanan Jasa Siway Delivery
Subjects: Muamalat > Jual Beli
Divisions: Fak. Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:44
Last Modified: 09 Jul 2024 02:44
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4121

Actions (login required)

View Item View Item