Pemanfaatan Media Youtube Dlam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa

Nyak Mauliza Warzukni, 1052019085 (2023) Pemanfaatan Media Youtube Dlam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Siswa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
NYAK MAULIZA (2)_merged.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan berbahasa siswa kelas IV MIN 2 Langsa pada aspek keterampilan berbicara masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan guru masih menggunakan media pembelajaran yang hanya berpusat pada guru , dan kurang adanya interaksi anatara siswa dan guru serta pemakaian media yang kurang inovatif serta kreatif. Salah satu media yang dapat digunakan oleh guru untuk mengatasi masalah tersebut ialah dengan menggunakan media pembelajaran berbasis youtube. Tujuan pemanfaatan media Youtube ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa, performasi guru, serta hasil belajar siswa . subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 2 Langsa. Jenis penelitian yang digunakan ialah jenis penelitian Tindakan kelas model Hopkins yang dilakukan dalam dua siklus, tahapan dalam siklus ini yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Kriteria keberhasilan tindakan terdiri dari kriteria proses dan kriteria hasil. tekhnik pengumpulan data melalui : tes siklus I dan II, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi aktivitas guru yang menggunakan skala Gutman yang dicetuskan oleh Sugiyono. Kriteria proses adalah jika hasil observasi telah mencapai skor (72%) sedangkan kriteria hasil jika telah memenuhi nilai KKM sebanyak (70%). Hasil penelitian siklus I mendapatkan nilai performasi guru mencapai (75,00% ) dan siklus kedua meningkat menjadi (100%). Terlihat jelas adanya peningkatan Performasi guru dari siklus I dan II mencapai (25%). Hasil tes keterampilan berbicara siswa pada siklus I dapat diketahui bahwa pada pelaksanaan tes siklus I siswa yang mencapai nilai KKM 14 orang siswa dan yang tidak mencapai KKM 5 orang siswa dengan nilai rata-rata kelas mencapai (73,69%). Dan pada pelaksanaan tes di siklus II mengalami peningkatan. Dimana siswa yang tuntas mencapai 18 orang siswa dan yang tidak tuntas hanya satu orang siswa dengan Pencapaian nilai rata-rata kelas meningkat menjadi (94,73%). Dari hasil tes siklus I dan II terlihat dengan jelas bahwa adanya peningkatan kemampuan berbicara siswa dari siklus I dan Ke II sebesar (21,11%). Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IV MIN 2 Langsa dengan pemanfaatan media youtube pada materi cerita fiksi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Nina Rahayu, M.Pd Pembimbing II:Yustizar, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Youtube Dan Keterampilan Berbicara
Subjects: Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:50
Last Modified: 05 Jul 2024 02:50
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4107

Actions (login required)

View Item View Item