Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Mata Pelajaran PAI Di SMA Negeri 5 Langsa

Alvi Nurra, 1012018106 (2024) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Mata Pelajaran PAI Di SMA Negeri 5 Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
Skripsi Alvi Nurra.pdf

Download (45MB)

Abstract

Untuk mengetahui kemampuan guru dalammengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran PAI siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Langsa. Untuk mengetahui aktivitas siswa selama menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran PAI kelas XI IPS SMA Negeri 5 Langsa. Untuk mengetahui respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran PAI siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Langsa. Untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah paad pembelajaran PAI siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Langsa yaitu kelas kelas XI IPS-2 di mana salah satu dari kelas tersebut diambil dan diterapkan sebagai kelas eksperimen yang memakai model pembelajaran berbasis masalah. Teknik Pengumpulan data adalah observasi, angket dan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data adalah analisis data guru, analisis data aktivitas siswa, analisis data respon siswa dan kemampuan berfikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kemampuan guru dalam megelola pembejaran degan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah berada pada kategori sangat baik: 89,42% Aktivitas siswa selama menggunakan model pembelajaran berbasis masalah juga berada pada kategori baik 82,69% Respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran PAI berada pada kategori tidak efektif. Hasil kemampuan berfikir kritis siswa dengan menggunakan model pemnelajaran berbasis masalah berada pada kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Zainal Abidin, S.Pd.I, MA Pembimbing II:Khairatul Ulya,M.Ed
Uncontrolled Keywords: Model PBM, Berfikir Kritis
Subjects: Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 27 Jun 2024 04:16
Last Modified: 27 Jun 2024 04:16
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4082

Actions (login required)

View Item View Item