Efektifitas Metode Takrir Terhadap Kemampuan Menghafal Al-QAur'an di TPQ Tahfidz Qur'an Shohibul Yatim Desa Bukit Tempurung ACeh Tamiang

Lia Marwiyah BR Lubis, 1012019018 (2023) Efektifitas Metode Takrir Terhadap Kemampuan Menghafal Al-QAur'an di TPQ Tahfidz Qur'an Shohibul Yatim Desa Bukit Tempurung ACeh Tamiang. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
ilovepdf_merged2 (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode takrir berasal dari bahasa Arab ركتير - ركير - كرر yang berarti pengulangan. Memperbanyak mengulang ayat yang sudah terhafal dan yang akan di hafal. Siswa di TPQ Tahfidz Qur’an Yatim Desa Bukit Tempurung Aceh Tamiang masih memiliki kualitas hafalan dan kelancaran yang masih kurang dalam membaca Al-Qur’an, padahal sebelumnya siswa sudah belajar tentang tahsin dan tajwid Al-Qur’an. Akan tetapi, siswa sulit untuk mengaplikasikannya ketika menyetor hafalan ke guru tahfidz. Faktor lain yang membuat siswa sulit dalam menghafal yaitu, sedikitnya waktu siswa dalam menghafal. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui penerapan metode takrir dan efektifitas metode takrir terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an di TPQ Tahfidz Qur’an Shohibul Yatim Desa Bukit Tempurung Aceh Tamiang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian statistic deskriptif kuantitatif. Data primer yang diteliti yaitu siswa kelas A TPQ Tahfidz Qur’an Shohibul Yatim yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pelaksanaan metode takrir dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an telah dilaksanakan sesuai prosedur yaitu, persiapan pembelajaran, kegiatan pembelajaran (tasmi’, takrir hafalan baru, setoran hafalan harian), evaluasi. Persentase mengatakan dari 12 indikator guru dan siswa mengatakan Ada, sekitar 95 % dari pada hasil observasi terlihat telah dilaksanakan sesuai standar atau ketetapan prosedur pelaksanaan menghafal Al-Qur’an dengan metode takrir, dan hal ini juga diperkuat dengan hasil wawancara oleh guru tahfidz. (2) Hasil menunjukkan metode takrir efektif dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an. Adanya peningkatan persentase rata-rata dari 73 % ke 86 % dengan kategori sangat baik. Serta respon positif siswa mengatakan bahwa metode takrir membantu siswa dalam memperkuat hafalan, dan guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai prosedur kegiatan pembelajaran 95 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Nazliati, M. Ed Pembimbing II:Nani Endri Santi M.A
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Metode Takrir, Kemampuan Menghafal
Subjects: Pendidikan > Siswa > Motivasi Belajar Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 20 May 2024 02:59
Last Modified: 20 May 2024 02:59
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4056

Actions (login required)

View Item View Item