Syarifah, 1032017017 (2022) Penerapan problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Di SMA Negeri 2 Seruway. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
SKRIPSI SYARIFAH NIM 1032017017.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan suatu kemampuan yang sangat penting dalam pelajaran matematika. Dengan kemampuan berpikir kritis siswa akan mampu mengidentifikasi permasalahan yang diberikan guru dengan baik, siswa mampu menemukan berbagai solusi dari masalah yang diberikan guru dan mengarah kepada solusi yang paling benar, siswa juga mampu menyimpulkan sebuah permasalahan sesuai dengan bahasa mereka sendiri. Tujuan dalam penalitian ini adalah untuk mengetahui apakah model problem based learning (PBL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada materi program linier. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Seruway tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dengan desain one group pretest-posttest design. Dengan populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Seruway yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan pureposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-1 dengan jumlah siswa 23 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis matematik berbentuk uraian terdiri dari 6 butir soal yang telah divaliditasi. Data yang dikumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji nonparameterik yaitu uji wilcoxon. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai asymp sig = 0,000 dan nilai sigifikansi probaliti =0,05 maka nilai asymp sig < nilai signifikansi probaliti yaitu 0,000 < 0,05 sehingga diperoleh Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas XI IPS-1 di SMA Negeri 2 Seruway
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Yenny Suzana, M.Pd Pembimbing II: M. Zaiyar, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Matematika |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pendidikan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 20 May 2024 02:33 |
Last Modified: | 20 May 2024 02:33 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/4050 |
Actions (login required)
View Item |