Analisis Kesulitan Belajar Siswa Tingkat Dasar Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Desa Birem Rayeuk

Asni, 1052016026 (2021) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Tingkat Dasar Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Desa Birem Rayeuk. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
ASNI 1052016026.pdf

Download (593kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian menyatakan bahwa siswa harus belajar melalui daring (dalam jaringan) menjadikan siswa dan guru harus belajar melalui sosial media seperti via whatsapp, instagram dan sebagainya. Hal ini tentunya memerlukan banyak pertimbangan baik dari segi penyajian materi, metode pembelajaran yang digunakan serta kemampuan guru dalam memberi arahan kepada siswa agar mampu menciptakan hasil belajar yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa tingkat dasar dalam pembelajaran daring di Desa Birem Rayeuk. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) Kesulitan belajar siswa ditingkat dasar dalam pembelajaran daring meliputi beberapa poin: pertama, jaringan internet yang tidak stabil menjadikan siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran daring secara maksimal. Kedua, Tugas yang diberikan lebih dari satu mata pelajaran setiap harinya. Ketiga, sulit berfokus pada materi pelajaran. Keempat pulsa kuota terbatas sehingga tidak dapat mengikuti proses pembelajaran daring hingga selesai. Kelima, aplikasi yang digunakan sulit dipahami. Ketergantungan terhadap jaringan sangat menentukan akan keberhasilan belajar siswa selama pembelajaran daring. Jika jaringan internet stabil, maka siswa akan mudah terhubung dalam proses pembelajaran dan siswa mudah memahami apa yang dijelaskan guru pada pembelajaran daring. 2) Upaya guru untuk memaksimalkan pembelajaran daring dengan membagi dua kelompok siswa. Hal ini dilakukan agar penjelasan yang diberikan guru dapat mencakup semua siswa dalam pembelajaran daring. Selain itu guru juga sangat mengharapkan kerjasama antara orang tua dan siswa untuk mendampingi mereka dalam belajar daring agar siswa cepat memahami materi yang diajarkan guru. Ketiadaan pendampingan orang tua akan lebih menyulitkan siswa untuk memahami materi yang disampaikan guru terlebih anak yang tidak didampingi merupakan anak ditingkat dasar yang mana mereka belum bisa membaca dengan lancar, akan sulit memahami materi yang sedang dipelajari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Rita Sari, M.Pd Pembimbing II:Nina Rahayu, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar Siswa dan Pembelajaran Daring
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 20 Feb 2024 03:27
Last Modified: 20 Feb 2024 03:27
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3975

Actions (login required)

View Item View Item