Syahrul Adami, 1022012228 (2018) Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru Di Man 2 Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
5_merged.pdf Download (723kB) |
Abstract
Kepemimpinan kepala madrasah merupakan salah satu faktor penentu peningkatan keberhasilan di lembaga pendidikan. Sedangkan kinerja guru adalah hasil kerja baik secara kualitas maupun kuantitas yang dicapai oleh seorang guru atau sekelompok guru dalam melaksanakan tugas kerja sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab salam rangka mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe gaya kepemimpinan kepala sekolah di MAN 2 Langsa dan dampaknya terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan fokus pada gaya kepemimpinan dan kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala sekolah MAN 2 Langsa adalah gaya kepemimpinan demokratis. Kepemimpinan demokratis diidentifikasi melalui partisipasi guru dalam pengambilan keputusan, kolaborasi tim, dan komunikasi terbuka antara kepala sekolah dan guru. Hal ini menciptakan lingkungan kerja yang mendukung pertukaran ide dan inovasi, memotivasi guru untuk berkontribusi secara aktif, dan meningkatkan kualitas hubungan interpersonal di antara staf. Penelitian juga mengevaluasi kinerja guru dengan mengukur beberapa indikator. Pertama, keberhasilan ujian siswa menjadi tolok ukur kinerja akademis guru. Hasil menunjukkan bahwa kinerja guru memiliki dampak positif pada hasil ujian siswa, menandakan efektivitas pengajaran mereka. Kedua, kemampuan guru dalam mengenal dan memahami kebutuhan siswa diakui sebagai elemen kunci dalam kinerja guru yang baik. Selanjutnya, penelitian menyoroti pentingnya kemampuan guru dalam memilih strategi mengajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru yang mampu mengadaptasi metode pengajaran mereka sesuai dengan gaya belajar siswa dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan menarik. Keempat, partisipasi guru dalam kegiatan peningkatan diri, seperti pelatihan dan pengembangan profesional, dianggap sebagai indikator kinerja yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Drs. Razali Mahmud, MM Pembimbing II:M. Affan, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Gaya Kepemimpinan, Guru, Kepala Madrasah, dan Kinerja |
Subjects: | Pendidikan > Disiplin dalam Pendidikan |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 08:48 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 08:48 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3969 |
Actions (login required)
View Item |