Siti Masitah, 1012018101 (2023) Penerapan Metode Reward and Punishment Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa/i MAN 2 Kabupaten Aceh Tamiang. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
.SITI MASITAH. 1012018101. PAI. 2023.pdf Download (835kB) |
Abstract
Motivasi dalam belajar menjadi hal yang paling penting sebelum memulai suatu pembelajaran. Di dalam pembelajaran, guru sebagai motivator yang berupaya mendorong peserta didik aktif dalam pembelajaran. Dengan adanya motivasi dalam belajar maka dapat menggerakkan peserta didik lebih tertarik dengan pembelajaran yang akan dilakukan. Reward merupakan cara yang dilakukan guru dalam mengapresiasi siswa atas perbuatan baik siswa tersebut. Punishment merupakan ancaman atau eksekusi kepada yang melanggar peraturan. Peneliti menemukan permasalahan pada pembelajaran akidah akhlak di kelas XI Agama-2 diantaranya adalah beberapa siswa/i dikelas XI Agama-2, sudah kurang semangat dalam menghadapi pembelajaran, dan kurangnya motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran akidah akhlak dengan materi yang dibatasi dan diajarkan, melalui penerapan metode reward dan punishment dalam pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk-bentuk reward yang diterapkan di kelas XI Agama-2 MAN 2 Aceh Tamiang, yaitu: memberikan pujian dan selamat, memberikan hadiah, memberikan ekspresi yang baik. (2) bentuk-bentuk punishment yang diterapkan di kelas XI Agama-2 MAN 2 Aceh tamiang, yaitu: memberikan teguran, memberikan nasihat, memberikan hukuman yang ringan. (3) menerapkan metode reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar Siswa/I di kelas XI Agama-2 MAN 2 Aceh Tamiang pada Siklus I terdapat observasi siswa 52%, Angket 65%, Tes 59% belum menunjukkan hasil yang bagus atau masih kurang bagus. Pada Siklus II terdapat observasi siswa 80%, Angket 85%, Tes 95% sudah menunjukkan hasil yang bagus dan sempurna. Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar siswa/I MAN 2 Aceh Tamiang, dengan memberikan reward dan punishment dalam kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik. Hal ini dapat dilihat pada siklus I proses pembelajaran peserta didik masih kurang baik. Pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat bagus bagi peneliti.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Hamdani, MA Pembimbing II: Yustizar, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Reward, Punishment, Motivasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 04:01 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 04:01 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3961 |
Actions (login required)
View Item |