Sita Erika, 1032014027 (2021) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dengan Teknik Interview Siswa SMP Negeri 2 Kualasimpang Kelas VII dalam Menyelesaikan Materi Operasi Bilangan. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
.SITA ERIKA. 1032014027. PMA. 2018.pdf Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kualasimpang mengalami kesulitan belajar dalam memahami konsep matematika. Permasalahan tersebut membuat peneliti tertarik melakukan penelitian lebih lanjut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kualasimpang dalam memahami konsep matematika dan juga faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kesulitan pemahaman konsep matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan melakukan observasi, penyebaran angket, dan wawancara. Instrumen penelitian yang dipakai adalah angket guru dan siswa, lembar observasi pembelajaran dan aktivitas siswa di kelas, serta pedoman wawancara guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan 1) Aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran masih rendah, terlihat dari guru kurang mengarahkan siswa agar dapat bertanya dan menyimpulkan, guru tidak mempersiapkan pelaksanaan tahapan mengamati dengan baik, persoalan penalaran yang diberikan terbilang sulit, kurangnya keterampilan dan pemahaman guru dalam menjalankan proses pembelajaran. sedangkan kesulitan yang muncul dari siswa sendiri seperti: kurangnya kesadaran siswa untuk belajar dan mau mengikuti proses pembelajaran, perasaan takut yang dominan muncul, siswa mengalami gangguan bahasa, siswa mengalami gangguan mengingat, siswa mengalami gangguan penalaran 2) Kemampuan konsep matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Karang Bundar masih rendah. Hal tersebut berdasarkan hasil analisis kesulitan yang dialami siswa. Adapun faktor-faktor penyebab kesulitan pemahaman konsep yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal siswa meliputi faktor intelektual, kesehatan yang terganggu, faktor emosional, minat dan konstrasi belajar. Sedangkan faktor eksternal meliputi faktor paedagogis yaitu cara mengajar guru dan faktor social serta faktor ekonomi orang tua 3) Respon guru dan siwa tentang pelaksanaan pembelajaran sangat positif. Bagi guru dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk guru dapat lebih baik dalam memberikan pembelajaran. Sedangkan siswa dapat menyampaikan apasaja kesulitan yang dihadapi selama pembelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Yusaini,M.Pd Pembimbing II: M.Zaiyar, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan pemahaman konsep Matematika |
Subjects: | Matematika > Analisa Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 02:21 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 02:21 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3947 |
Actions (login required)
View Item |