Khairunnisak, 1032018021 (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
SKRIPSI KHAIRUNNISAK NIM 1032018021.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kreatif matematis adalah kemampuan menemukan solusi bervariasi yang bersifat baru terhadap masalah matematika yang bersifat terbuka secara mudah dan fleksibel, namun dapat diterima kebenarannya. Proses memberikan ide baru atau memunculkan gagasan baru adalah suatu proses berpikir kreatif. Kemampuan berpikir kreatif dapat dikembangkan pada salah satu materi matematika yaitu Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Negeri 9 dalam menyelesaikan soal pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). maka penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 9 Langsa tahun ajaran 2022/2023 kelas VIII. Metode pengumpulan data adalah prosedur yang sistematis dan standar untuk memperoleh data yang dipergunakan dalam penelitian, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrumen penelitian yaitu seperangkat tes, dan pedoman wawancara yang memuat soal-soal tentang materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang berjumlah empat butir soal yang sesuai dengan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode analisis kualitatif yaitu metode yang bertujuan untuk memberikan gambaran menyeluruh mengenai subjek yang diteliti dan tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan siswa berkemampuan tinggi dalam memecahkan soal-soal SPLDV mampu menunjukkan tiga indikator kreatifitas untuk setiap soal yang diberikan, baik soal nomor satu, dua, tiga, dan empat yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Siswa berkemampuan sedang dalam memecahkan soal-soal SPLDV mampu menunjukkan dua indikator kreatifitas untuk setiap soal yang diberikan baik soal nomor satu, dua, tiga, dan empat yaitu kefasihan dan fleksibilitas. Siswa berkemampuan rendah dalam memecahkan soal-soal spldv mampu menunjukkan satu indikator kreatifitas untuk setiap soal yang diberikan baik soal nomor satu, dua, tiga, dan empat yaitu kefasihan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Khairatul Ulya, M.Ed Pembimbing II:Faisal M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) |
Subjects: | Pendidikan > Metode Pengajaran |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 03:22 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 03:22 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3930 |
Actions (login required)
View Item |