Motivasi Mahasiswi Bercadar Dan Responnya Terhadap Stereotip Negatif Penggunaan Cadar Di Iain Langsa

Rika Akana, 1012018062 (2023) Motivasi Mahasiswi Bercadar Dan Responnya Terhadap Stereotip Negatif Penggunaan Cadar Di Iain Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI RIKA AKANA 2.pdf

Download (883kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi mahasiswi bercadar dan responnya terhadap stereotip negatif penggunaan cadar, serta nilai-nilai pendidikan Islam dalam mengenakan cadar Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Langsa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, Subjek dalam penelitian ini adalah mahasisiwi bercadar prodi PAI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik yang dikemukaan oleh Miles dan Huberman yang memiliki tahapan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah motivasi yang melatarbelakangi mahasiswi bercadar terbagi menjadi dua yaitu: motivasi intrinsik yang berupa rasa nyaman dan dilindingi dari hal-hal yang tidak baik seperti perkataan yang tidak baik dan dilindungi dari laki-laki yang bukan mahram, merasa aman dari hal-hal yang buruk seperti pacaran. Selanjutnya motivasi ekstrinsik, berupa pengalaman sekolah di Dayah, intensitas berinteraksi dengan muslimah bercadar lainnya dan merasa kagum dengan muslimah yang menggunakan cadar sehingga mengikuti jejak mereka. Respon mahasiswi bercadar terhadap stereotip negatif penggunaan cadar terbagi menjadi tiga yaitu pandangan tidak peduli, pandangan positif thinking, dan pandangan tidak setuju. Nilai-nilai pendidikan Islam dalam mengenakan cadar mahasiswi bercadar program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu keguruan IAIN Langsa adalah nilai pendidikan akhlak, nilai pendidikan ibadah dan nilai pendidikan qaidah, namun pemahaman partisipan lebih kuat atau lebih dominan kepada nilai pendidikan akhlak kearah yang lebih sempurna baik secara zhahir maupun batin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Latifah Hanum, MA Pembimbing II:Dr. Hamdani, MA
Uncontrolled Keywords: Motivasi, cadar, stereotip negatif, nilai-nilai pendidikan Islam
Subjects: Hukum Islam > Syariat Islam
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 23 Nov 2023 08:53
Last Modified: 23 Nov 2023 08:53
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3921

Actions (login required)

View Item View Item