Hanifah, 1012013107 (2021) Pengaruh Punishment terhadap Prestasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII MTs Negeri 3 Aceh Timur. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
SKRIPSI (2).pdf Download (1MB) |
Abstract
Pemberian punishment merupakan proses pemberian sanksi akademik kepada siswa agar mau belajar. Pemberian punishment yang bersifat positif secara teoritis dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam pada siswa di sekolah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat pemberian punishment pada siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Aceh Timur, bagaimana tingkat perolehan prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam pada siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Aceh Timur dan adakah pengaruh pemberian punishment terhadap prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam pada siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Aceh Timur. Dalam melakukan penelitian ini peneliti menggunakan metode eksplanasi, yaitu model penelitian yang memiliki objek kajian dalam bentuk menguji pengaruh antar variabel yang dihipotesiskan. Dalam konteks ini, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemberian punishment terhadap prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam siswa kelas VIII, dan penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian lapangan (Field Research), serta menganalisis sumber kepustakaan (Library Research), yaitu dengan mengkaji sejumlah sumber pustaka berupa buku-buku, data dari internet, dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah yang dibahas, serta menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, telaah dokumentasi dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemberian punishment pada siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Aceh Timur termasuk kategori yang baik, hal ini berdasarkan persepsi semua siswa (100%), tingkat perolehan prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam pada siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Aceh Timur termasuk kategori yang baik, hal ini berdasarkan kelompok nilai siswa sebanyak 55,6% dan terdapatnya pengaruh pemberian punishment terhadap prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam pada siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Aceh Timur, secara statistik bahwa prestasi belajar sejarah kebudayaan Islam siswa kelas VIII dipengaruhi oleh pemberian punishment guru sebesar 4,62%, sementara sisanya sejumlah 95,38% lagi pengaruh dari faktor/variabel lain di luar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Dr. Basri, MA Pembimbing II:Fakhrurrazi, MA |
Uncontrolled Keywords: | Punishment, Prestasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, Siswa |
Subjects: | Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 09:25 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 09:25 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3895 |
Actions (login required)
View Item |