Pengaruh Variasi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Membeli Sepeda Motor Merek Honda Di Kota Langsa

Adi Fadil, 4032018053 (2023) Pengaruh Variasi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Membeli Sepeda Motor Merek Honda Di Kota Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI ADI FADIL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli Sepeda Motor merek Honda di Kota Langsa. Pendekatan penelitian ini Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kota Langsa yang membeli Sepeda Motor Honda yang jumlahnya tidak diketahui. Penarikan sampel dari jumlah populasi menggunakan metode berdasarkan ketentuan yang dikemukakan oleh Hair, yakni jumlah sampel 5 – 10 kali dari jumlah indikator penelitian. Jumlah indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah 18 indikator. Jadi dengan mengikuti ketentuan penarikan sampel tersebut diperoleh hasil bahwa 18 x 5 = 90, maka jumlah sampel pada penelitian ini adalah 90 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik snowball sampling dengan kriteria pemilihan sampel yaitu masyarakat Kota Langsa yang mempunyai sepeda motor Honda, memiliki SIM dan dianggap sesuai untuk dijadikan sampel atau responden pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Pengujian instrumen penelitian menggunakan bantuan komputer program SPSS (Statistical Program for Social Science). Teknik analisis data meliputi uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli Sepeda Motor Honda di Kota Langsa. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung 3,666 > 1,98761 (t tabel) dan nilai sig 0.014 < 0.05 (tingkat signifikansi). Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli Sepeda Motor Honda di Kota Langsa. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung 2.425 > 1,98761 (t tabel) dan nilai 0.009 < 0.05 (tingkat signifikansi). Variasi produk dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli Sepeda Motor Honda di Kota Langsa. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel (4,074 > 3,10) dan nilai sig sebesar 0.000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Abdul Hamid, MA Pembimbing II:Rifyal Dahlawy Chalil, S.E.I., M,Sc
Uncontrolled Keywords: Variasi, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian Konsumen
Subjects: Muamalat > Jual Beli
Divisions: Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 16 Nov 2023 09:12
Last Modified: 16 Nov 2023 09:12
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3882

Actions (login required)

View Item View Item