Studi Komparasi Modal Sosial Siswa Boarding School Dengan Reguler Di Smpn 6 Langsa

Aulia Intan Ramadhita, 1012017036 (2022) Studi Komparasi Modal Sosial Siswa Boarding School Dengan Reguler Di Smpn 6 Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI AULIA INTAN RAMADHITA NIM. 1012017036.pdf

Download (802kB)

Abstract

Manusia adalah makhluk sosial, mereka tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Manusia membutuhkan orang lain untuk bisa bertahan hidup (survive) yang kemudian melahirkan berbagai bentuk masyarakat. Selain itu, dalam memahami spesialisasi yang berkembang dalam Ilmu Sosial dan penguasaan terhadap konsep dasar Ilmu Sosial adalah bersifat mutlak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeksripsikan modal sosial siswa Boarding School dan Reguler School di SMPN 6 Langsa dan untuk mendeskripsikan ada tidaknya perbedaan dan persamaan modal sosial siswa Boarding School dan Reguler School di SMPN 6 Langsa. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif. Disebut kualitatif karena sumber data utama berupa kata-kata dan tindakan dari orang-orang yang di wawancarai, pengamatan/observasi, dan pemanfaatan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) siswa Boarding School dan Reguler School memiliki persamaan dalam hal perilaku sosial, sosial terhadap lingkungan, sosial terhadap guru, sosial terhadap masyarakat, sosial terhadap sesama siswa. (2) peran setiap warga sekolah dalam standarisasi modal sosial ini terdiri dari; peran kepala sekolah yaitu sebagai teladan, kontrol sosial, motivator, dan edukator. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa Boarding School dan Reguler School mayoritas sudah dapat menaati peraturan sekolah dengan baik dan dalam bersosialisasi terhadap lingkungan sekitar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Hamdani, MA Pembimbing II:Yustizar, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Modal Sosial, Boarding School dan Reguler School
Subjects: Pendidikan > Metode Pengajaran
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 15 Nov 2023 02:37
Last Modified: 15 Nov 2023 02:37
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3871

Actions (login required)

View Item View Item