Fuanda Sahfira, 4022015011 (2022) Analisis Efitivitas Strategi Pemasaran Produk ARRUM Haji dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.
Text
Skripsi Fuanda Sahfira.pdf Download (2MB) |
Abstract
Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang kelima setelah mengucap syahadat, shalat, puasa dan zakat. Dari Sebagian besar jumlah penduduk Indonesia yang beragama Islam, tentunya mereka semua berkeinginan untuk melakukan ibadah haji agar dapat menyempurnakan rukun Islam. Akan tetapi, mengingat jumlah kuota yang terbatas setiap tahunnya untuk negara Indonesia, dan juga membantu masyarakat untuk lebih cepat mendapatkan porsi haji, maka Pegadaian Syariah menawarkan Produk Pegadaian yaitu Arrum Haji yang lahir pada tahun 2016. Walaupun produk ini memiliki keunikannya yaitu langsung mendapat porsi haji setelah memberikan emas logam mulia seberat 4 gram atau uang senilai Rp 8.000.000-, sebagai jaminan, peningkatan nasabah pertahunnya masih tergolong sedikit dengan peningkatan rata-rata hanya 1% per tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pemasaran produk Arrum Haji dalam meningkatkan jumlah nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan langsung terhadap objek yang diteliti untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa strategi pemasaran produk Arrum Haji yang dilakukan oleh PT. Pegadaian Syariah Cabang Banda Aceh masih belum efektif yaitu, dari segi kejelasan strategi pencapaian tujuan, proses analisis dan perumusan kebijakan yang mantap, perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I :Dr. Fahriansyah. Lc, MA Pembimbing II:Tajul 'ula. S.E., M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Strategi Pemasaran, Arrum Haji |
Subjects: | Muamalat > Gadai |
Divisions: | Fak. Ekonomi & Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 03:56 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 03:56 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3867 |
Actions (login required)
View Item |