Dampak Penggunaan media Sosial Terhadap Kecenderungan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Ushuluddin Adap dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa

Dinda Syafa'ati, 3012017035 (2022) Dampak Penggunaan media Sosial Terhadap Kecenderungan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Ushuluddin Adap dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI DINDA SYAFAATI.pdf

Download (949kB)

Abstract

Media sosial adalah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Seiringnya zaman dan waktu media sosial fungsinya juga semakin bertambah dahulu media sosial hanya sebagai perantara komunikasi antara 1 orang dengan yang lainnya. saat ini media sosial juga dapat digunakan sebagai media berbisnis sehingga masyarakat dapat dengan mudah untuk berbelanja dan prosesnya juga sangat mudah sehingga sangat banyak orang saat ini tergiur untuk selalu berbelanja melalui media sosial. Karna kemudahan berbelanja di dalam media sosial maka terjadilah seseorang untuk berperilaku konsumtif Tujuan penelitian ini untuk mengatahui dampak penggunaan media sosial pada mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa dalam berperilaku konsumtif, mengetahui apa saja bentuk kecenderungan perilaku konsumtif pada media sosial pada mahasiswa Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, dan mengetahui Bagaimana dampak penggunaan media sosial terhadap kecenderungan perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uses and Gratification (Penggunaan dan Kepuasan) Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan metode kualitatif dan Penelitian ini mengambil data yang didapat dari lapangan yang sesuai dengan permasalahan yang diteliti yaitu mengenai tentang Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Kencenderungan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa FUAD IAIN Langsa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mahasiswa FUAD IAIN Langsa dalam menggunakan media sosial berdampak ketergantungan sehingga mereka cenderung memiliki sikap yang konsumtif karena keinginan berbelanja mereka sangat tinggi sehingga cenderung berperilaku konsutif. Dalam sebuah trend mahasiswa FUAD IAIN Langsa akan terdorong untuk mengikuti gaya tersebut. Mereka hanya melihat melalui media sosial kemudahkan akan cenderung berperilaku konsumtif. Mereka berbelanja bukan hanya karena kebutuhan saja melainkan juga untuk kepuasan diri sehingga berdampak negatif karena gaya hidup yang mengikuti trend untuk kepuasan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Zulkarnain, S.Ag, M.A Pembimbing II:Dedy Surya, M.Psi
Uncontrolled Keywords: Media Sosial,Perilaku, Mahasiswa
Subjects: Umum > Interaksi Sosial
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:23
Last Modified: 13 Nov 2023 02:23
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3860

Actions (login required)

View Item View Item