Pembelajaran Alquran Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Yayasan Insan Harapan Kota Langsa

Diah Rahmadhana, 1012017040 (2023) Pembelajaran Alquran Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Yayasan Insan Harapan Kota Langsa. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI Diah Rahmadhana.pdf

Download (8MB)

Abstract

Alquran merupakan sumber utama dalam ajaran Islam yang wajib untuk di pelajari bagi umat Islam. mengajarkan Alquran harus dimulai di usia dini baik itu kepada anak yang normal maupun anak yang memiliki kebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus (ABK) adalah anak yang dalam proses pertumbuhan atau perkembangan mengalami kelainan atau penyimpangan fisik. mental-Intelektual, sosial ataupun emosional dibanding dengan anak-anak lain yang seusianya, sehingga mereka memerlukan pelayanan pendidikan khusus. salah satu anak berkebutuhan khusus adalah anak tunarungu. Anak tunarungu adalah anak yang kurang pendengaran dan memiliki hambatan dalam berbicara. Salah satu metode membaca alquran adalah metode Iqra'. Metode Iqro' adalah suatu metode membaca alquran yang menekankan langsung pada latihan membaca. Penelitian ini bertjuan untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan pembelajaran Alquran bagi anak berkebutuhan khusus tunarungu, serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Alquran bagi anak berkebutuhan khusus tunarungu di yayasan Insan Harapan kota Langsa. jenis penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verification. Penelitian ini di lakukan di yayasan Insan Harapan kota Langsa terletak di Jln. Jendral Sudirman, Mtang Seulimeng, Lorong Karya, Dusun II (Seulanga), Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa. Waktu penelitian di lakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah 1 orang guru yang mengajar ngaji dan 4 orang murid tunarungu yang sudah mengaji iqra' Jilid 2. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Alquran Yaitu adanya program mengaji, alat atau mmedia alat yang digunakan yaitu buku Iqro' dan alat bantu dengar. faktor prndukung dalam pelaksanaan pembelajaran Alquran yaitu adanya program mengaji, alat atau media yang digunakan dalam belajar, dukungan dari orang tua, dan dukungan sesama pendidik. sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan yang dimiliki peserta didik yang tidak stabil, dan masih kurangnya tenaga dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr, Mukhlis, Lc, M.Pd.I Pembimbing II:Fenny Anggreni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Alquran, Anak Berkebutuhan Khusus, Tunarungu.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus > Pendidikan Tuna Rungu
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 08 Nov 2023 09:21
Last Modified: 08 Nov 2023 09:21
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3850

Actions (login required)

View Item View Item