Penerapan Metode Tikrar Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di TPA Matang Seulimeng

Rosmawar, 1012017024 (2022) Penerapan Metode Tikrar Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Di TPA Matang Seulimeng. Skripsi thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI LANGSA.

[img] Text
SKRIPSI ROSMAWAR (1).pdf

Download (931kB)

Abstract

Latar belakang penulisan ini Fenomena yang terjadi saat ini masih banyak peserta didik yang belum mampu menghafal surah-surah pendek dengan baik dan dan benar. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pelaksanaan menghafal surat�surat pendek pada anak dengan menggunakan metode tikrar. Untuk mengetahui sejauhmana penggunan metode tikrar dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an di TPA Matang Seulimeng. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas Al-Qur’an di TPA Matang Seulimeng, dengan jumlah 10 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak II siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: tes, lembar observasi siswa, lembar observasi, dokumentasi wawancara. Hasil penelitian Berdasarkan nilai rata-rata pre tes 67,5 kurang baik masih banyak peserta didik yang kurang baik dalam hafalannya surah Al-Ma’un, perlu adanya perbaikan dalam metode taupun cara menghafal. Dari hasil siklus I dapat dikatakan. Berdasarkan hasil post tes perolehan skor nilai yang di dapat 95 dan kalsifikasi sangat baik, jadi sangat baik di bandingkan dengan siklus I, siklus II ini jauh lebih baik dan lebih banyak siswa yang sudah lancar dan hafal seluruh ayat surah Al-ma’un dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I :Dr. Mohd. Nasir, MA Pembimbing II:Dr. Mustamar Igbal Siregar, MA
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Hafalan, Metode Tikrar, surah Al-Ma’un
Subjects: Hukum Islam > Alquran dan Hadis > Ilmu-ilmu Alquran > Musabaqah Tilawatil Qur'an
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:19
Last Modified: 08 Nov 2023 03:19
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3837

Actions (login required)

View Item View Item