Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di Desa Kebun Afd Seleleh Aceh Tamiang

Heru Setiawan, 1012014038 (2021) Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di Desa Kebun Afd Seleleh Aceh Tamiang. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
.HERU SETIAWAN. 1012014038. PAI. 2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini, banyak umat Islam yang membaca Al-Qur’an tidak sesuai dengan kaidah tajwid khususnya makhraj huruf, sehingga dapat mengubah makna dari ayat Al-Qur’an, bahkan sebagian dari mereka tidak fasih dalam membaca Al�Qur’an.Peneliti ingin mengemukakan mengenai salah satu inovasi dalam pembelajaran yang efektif dan dapat mencerdaskan santri. Inovasi tersebut adalah metode pembelajaran mind mapping. Mind mapping merupakan informasi ke dalam otak dan informasi ke luar dari otak dengan cara mencatat yang kreatif, efektif, dan secara harfiah akan memetakan ke pikiran, dengan menggunakan garis lengkung, simbol, kata dan gambar yang sesuai dengan satu rangkaian aturan sederhana, mendasar, alami, dan sesuai dengan cara kerja otak. peneliti akan menerapkan metode pembelajaran mind mapping santri yang belajar mengaji di mesjid Babu Najah Dusun Kesehatan AFD Seleleh Karang Baru. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian Classrom Action Rescare (CAR) atau sering disebut dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada penelitian ini, peneliti menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dalam alur penelitiannya yakni meliputi langkah-langkah : Perencanaan (planning), Aksi /tindakan (acting),Observasi (observing). Sedangkan teknis pengumupulan datanya meliputi perencanaan, Tindakan, pengamatan serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan atau penerapan metode Mind Mapping yang peneliti terapkan cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an, setelah Mind Mapping diterapkan dalam dua kali pertemuan pembelajaran baca al-Qur’an, peningkatan kemampuan baca al-Qur’an siswa TPA di desa AFD Seleleh mengalami peningkatan dan prestasi yang signifikan dari nilai sebelumnya ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil post test peserta didik dengan kategori mampu. Dari kedua perbandingan nilai pretest dan post test siswa TPA di desa AFD Seleleh tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca al-Quran setelah metode Mind Mapping diterapkan dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an. Tentu hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil analisis data yang telah oleh peneliti dengan mencari nilai rata-rata, standar deviasi, dan uji test dan hasil Pretest dan Post test siswa TPA di desa AFD Seleleh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Mukhlis, Lc, M.Pd Pembimbing II: Nani Endri Santi, M.A
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Membaca Al-Qur’an, AFD Seleleh
Subjects: Hukum Islam > Alquran dan Hadis
Pendidikan > Pendidikan Islam
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 06 Nov 2023 04:04
Last Modified: 06 Nov 2023 04:04
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3806

Actions (login required)

View Item View Item