Pelaksanaan Bimbingan oleh Guru Kelas dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pemakaian Atribut Seragam Siswa di Madrasahj Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Langsa

Sitti Shavira Fauzi, 3022015065 (2021) Pelaksanaan Bimbingan oleh Guru Kelas dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pemakaian Atribut Seragam Siswa di Madrasahj Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
SITTI SHAVIRA FAUZI. 3022015065. BKI. 2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar tidak terlepas dari berbagai peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah. Kepatuhan dan ketaatan siswa dalam berbagai aturan yang dibuat sekolah itu merupakan suatu bentuk disiplin. Karena disiplin merupakan control diri yang mematuhi aturan baik yang dibuat sendiri, keluarga, lembaga pendidikan, masyarakat, maupun negara. Sedangkan di lembaga pendidikan disiplin dalam hal ini dalam bidang pemakaian atribut seragam sekolah. Maka siswa siswi wajib mengikuti peraturan yang berlaku di sekolah. Dan pelaksanaannya diatur dalam tata tertib sekolah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan oleh guru kelas dalam meningkatkan kedisiplinan pemakaian atribut seragam siswa di madrasah ibtidayah negeri 2 Langsa, untuk mengetahui kedisiplinan pemakaian atribut seragam siswa setelah mendapat bimbingan dari guru kelas serta untuk mengetahui hambatan dalam pelaksanaan bimbingan oleh guru kelas dalam meningkatkan kedisiplinan pemakaian atribut seragam siswa di madrasah ibtidayah negeri 2 Langsa. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode penelitian menggunakan dengan teknik analisis data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pelaksanaan bimbingan yang dilakukan oleh guru kelas selalu memeriksa atribut seragam siswa mulai dari siswa hadir di sekolah, memeriksa kehadiran siswa, menegurnya jika siswa tidak lengkap memakainya, seperti memperhatikan rambut, peci, jilbab, dan atribut-atribut lainnya. Memberikan pemahaman tentang pentingnya pemakaian atribut seragam sekolah, memberikan contoh cara berpakaian yang baik dan sopan. Sedangkan bimbingan yang dilakukan oleh guru kelas selalu menasehati siswa yang tidak memakai atribut seragam sekolah tidak lengkap, memberikan sanksi atau hukuman bagi siswa yang melanggar, dan memberikan pujian kepada siswa yang selalu disiplin agar siswa lain dapat mencotohnya. Memberikan bantuan kepada siswa yang kurang mampu, menyediakan perlengkapan atribut seragam sekolah di koperasi madrasah, melakukan komunikasi dengan wali murid jika ada siswa yang tidak disiplin dalam pemakaian atribut seragam sekolah. Bentuk pelaksanaan bimbingan yang dilakukan oleh guru kelas ternyata selama ini kurang adanya dukungan dari orang tua terhadap disiplin siswa dalam pemakaian atribut seragam sekolah, perbedaan karakter siswa yang membuat guru harus memiliki cara yang tepat untuk menyampaikan kepada siswa tentang pentingnya pemakaian atribut seragam sekolah, kondisi keluarga siswa yang berbeda-beda, hal lainnya yaitu kurang terbiasanya siswa disiplin baik sekolah maupun di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Muhammad Nasir, MA Pembimbing II: Sabrida Ilyas, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Guru Kelas, Kedisiplinan, Atribut Seragam
Subjects: Pendidikan > Disiplin dalam Pendidikan
Divisions: Fak. Ushuluddin, Adab & Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 03 Aug 2023 07:12
Last Modified: 03 Aug 2023 07:13
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3746

Actions (login required)

View Item View Item