Muhammad Daud, 1012019095 (2022) Strategi Peningkatan Prestasi Belajar Tilawah Al-Qur'an di Lembaga Pengembangan Tilawah Qur'an (LPTQ) Kecamatan Langsa Lama. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.
Text
MUHAMMAD DAUD. 1012019095. PAI. 2022.pdf Download (1MB) |
Abstract
Bangsa yang maju adalah yang mampu mencetak generasi unggul dan berakhlak karimah. Pendidikan Al-Qur’an dijadikan sebagai sumber materi pendidikan, karena pokok pertama pendidikan agama Islam adalah Al-Qur’an. Pemerintah Indonesia dan khususnya pemerintah Aceh memberikan perhatian yang sangat serius terutama dalam kemampuan membaca tulis Al-Qur’an dikalangan masyarakat dan penerus generasi bangsa, dan untuk dapat mencetak generasi unggul, berakhlak karimah ialah dengan adanya dukungan dan peran Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ), lembaga ini merupakan lembaga resmi Kementerian Agama dan lingkungan Dinas Syariat Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan prestasi belajar tilawah al-Qur’an di Lembaga Pengembangan Tilawah Qur’an di Kecamatan Langsa Lama, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi peningkatan prestasi belajar tilawah al-Qur’an di Lembaga Pengembangan tilawah Qur’an di Kecamatan Langsa Lama, metode penelitian ini tergolong jenis penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang penulis lakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi peningkatan prestasi belajar tilawah al�Qur’an yaitu dengan pelaksanaan kesesuaian materi, setelah itu ustadz dan pembina menetapkan metode atau teknik pembelajaran, metode yang digunakan yaitu demonstrasi atau praktik, menanamkan dan memperdalam kerangka lagu tilawah, teknik pemanasan suara, stelah berjalannya metode yang yang diterapkan, berikutnya ustadz membangkitkan semangat siswa sebagai bagian dari strategi peningkatan prestasi belajar tilawah Al-Qur’an. Faktor pendukung dan penghambat yaitu seperti faktor pendukung sarana dan prasaran, pendidik dan santri itu sendiri, karena penentu yang sangat kuat terhadap berhasil tidaknya suatu strategi dijalankan di Lembaga Pengembangan tilawah Qur’an adalah keikhlasan usatadz dalam melaksanakan pengajaran dan minat santri dalam belajar, kemudian faktor pendukung lainnya yaitu dukungan teman sebaya dan dukungan orang tua, untuk faktor pengahambatnya seperti siswa malas belajar membaca Al-Qur’an dikarenakan mereka mempunyai corak kepribadian, karakteristik, tingkah laku, minat, bakat, kecerdasan dan berbagai tingkat perkembangan lainnya yang berbeda-beda, siswa tidak mengulangi membaca Al-Qur’an di rumah dan sampai dirumah siswa terrlalu sering menghabiskan waktu dengan handphone.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dr. Mustamar Iqbal Siregar, MA Pembimbing II: Nurhanifah, MA |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, prestasi belajar, tilawah Al-Qur’an |
Subjects: | Hukum Islam > Alquran dan Hadis > Ilmu-ilmu Alquran Hukum Islam > Alquran dan Hadis > Ilmu-ilmu Alquran > Ilmu Qira'at |
Divisions: | Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Editor Pustaka |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 04:33 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 04:33 |
URI: | http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3741 |
Actions (login required)
View Item |