Penerapan Metode Resitasi dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran SKI di MIN 5 Langsa

Lisa Lubis, 1052018014 (2022) Penerapan Metode Resitasi dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran SKI di MIN 5 Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
LISA LUBIS. 1052018014. PGMI. 2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penerapan metode resitasi dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pembelajaran di MIN 5 Langsa. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui pemahaman konsep dan aktivitas belajar siswa melalui penggunaan metode resitasi pada pelajaran SKI di MIN 5 Langsa. Adapun metode yang penulis gunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis field research (lapangan). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Desain penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan desain Kemmis Tanggart. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti peroleh di lapangan ditemukan bahwa Penerapan Metode Resitasi pada mata materi Sebab-sebab dan Peristiwa Fathu Makkah dan Rasulullah Menjaga Perdamaian pada Peristiwa Fathu Makkah kelas VB hampir semua siswa terlibat aktif karena penerapan Metode Resitasi menuntut siswa untuk menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat. Metode Resitasi dapat memicu keaktifan siswa dimana proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan menyenangkan sehingga dapat mengatasi kejenuhan siswa dalam mempelajari materi dan dapat lebih termotivasi untuk belajar. Metode Resitasi pada materi Sebab-sebab dan Sebab-sebab dan Peristiwa Fathu Makkah dan Rasulullah Menjaga Perdamaian pada Peristiwa Fathu Makkah kelas VB terhadap pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan hasil belajar, dibuktikan bahwa pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan yaitu dari siklus I yang tuntas 14 orang siswa (46,66%) menjadi 27 orang siswa (90%). Dengan demikian pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebanyak 43,34%. Peningkatan kualitas proses pembelajaran tampak keaktifan siswa memberikan tanggapan dan pertanyaan selama proses pembelajaran berlangsung, keaktifan siswa dalam diskusi kelompok dan diskusi kelas serta hasil kerja kelompok yang diselesaikan tepat waktu. Penerapan Metode Resitasi juga dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa. Dibuktikan dengan peningkatan aktivitas guru dan siswa yang meningkat pada siklus I dan siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Jelita, S.Pd, M.Pd Pembimbing II: Meutia Rahmah, MA
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Pemahaman Konsep Siswa, Pembelajaran SKI.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:44
Last Modified: 28 Jul 2023 08:44
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3731

Actions (login required)

View Item View Item