Upaya Guru dalam Mengasah Kecerdasan Emosional Siswa melalui Pendekatan Humanistik di SMP Negeri 3 Kota Langsa

Putri Rizki Amelia, 1012019061 (2022) Upaya Guru dalam Mengasah Kecerdasan Emosional Siswa melalui Pendekatan Humanistik di SMP Negeri 3 Kota Langsa. Skripsi thesis, Institut Agama Islam Negeri Langsa.

[img] Text
PUTRI RIZKI AMELIA. 1012019061. PAI. 2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengasah kecerdasan emosional siswa melalui pendekatan humanistik di SMP Negeri 3 Kota Langsa dan untuk mengetahui kendala-kendala guru dalam mengasah kecerdasan emosional siswa melalui pendekatan humanistik di SMP Negeri 3 Kota Langsa. Dalam proses berkembang siswa membutuhkan bantuan yang sifat dan coraknya tidak ditentukan oleh guru tetapi oleh siswa itu sendiri. Siswa yang mempunyai tingkah laku dengan sopan santun yang kurang baik, seperti seorang siswa yang berbicara dengan teman lainnya dengan sebutan yang tidak disukai oleh temannya, mengganggu temannya di saat belajar, makan saat guru menerangkan, dll. Hal seperti inilah seorang guru harus bisa membantu siswa dalam mengenali emosinya sendiri, mengenali emosi orang lain, memotivasi siswa untuk lebih baik lagi, membantu mengelola emosi siswa dengan baik, dan mengajarkan kepada siswa tentang empati dan bagaimana siswa harus bergaul dan berinteraksi dengan orang lain. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa upaya guru dalam mengasah kecerdasan emosional siswa dengan menjadikan Peserta didik mampu memecahkan masalah, kemampuan mengarahkan pikiran dan tindakan yang berguna ke arah untuk memperbaiki diri sendiri ataupun orang lain, mampu mengelola emosinya untuk kebutuhan penyesuaian diri terhadap lingkungan, berbagai situasi dan kondisi. Sementara itu dengan pendekatan humanistik akan membuat anak agar mampu mengembangkan kepercayaan diri mereka, kemampuan untuk bertanggung jawab atas keputusannya, menjadi pribadi yang mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zainal Abidin, MA Pembimbing II: Dr. Fakhrurrazi, MA
Uncontrolled Keywords: Guru, Kecerdasan Emosional, Siswa, Pendekatan Humanistik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Pendidikan > Siswa
Divisions: Fak. Tarbiyah & Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Editor Pustaka
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:20
Last Modified: 27 Jul 2023 04:20
URI: http://digilib.iainlangsa.ac.id/id/eprint/3709

Actions (login required)

View Item View Item